√ Beli Laptop Baru! Laptop HP 14s-dk1514AU Ryzen 3-3250U Harga 7 Jutaan - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Saturday, August 14, 2021

Beli Laptop Baru! Laptop HP 14s-dk1514AU Ryzen 3-3250U Harga 7 Jutaan

laptop hp 14s-dk1514au


Sebagai orang yang bekerja sebagai penulis, laptop merupakan senjata utama yang harus aku miliki - ditambah koneksi internet, pastinya. Aku pikir awalnya pakai laptop apa saja bisalah, tapi ternyata nggak dan karena itu aku pilih laptop HP 14s-dk1514AU.


Selama satu tahun kerja sebagai content writer, aku menggunakan notebook 11" HP FQ06TU yang kubeli akhir tahun 2016. Nggak usah ditanya gimana leletnya notebook satu itu, bahkan setelah aku instal keleletannya tetap nggak bisa dihilangkan secara permanen. Ya, aku nggak bisa protes juga mengingat spek notebook itu emang di bawah standar laptop jaman sekarang. RAM 2 GB dengan prosessor intel celeron.


Akhirnya setelah mempertimbangkan banyak hal dan berpikir selama berbulan-bulan, aku memutuskan untuk ganti laptop. Awalnya aku ragu mau beli laptop karena harga laptop yang lagi melambung tinggi tapi setelah aku tunggu sebulan ternyata harganya makin naik dan stok juga sering kosong. Aku inget banget awal Juni aku cek di marketplace harga laptop HP 14s-cf2075TU dijual dengan harga 6,5 juta dan waktu aku cek di awal Juli, harga sudah mencapai angka 7 juta. Weh, gila!


Baca Juga: Wujudkan Mimpi Bersama ASUS VivoBook A516: Laptop Modern, Permudah Raih Mimpi


Pertama Kali Beli Laptop secara Online


Laptop HP 14s-dk1514AU


Beli barang elektronik secara online? Hemmm, kayaknya nggak berani deh. Apa lagi barang elektronik itu laptop dengan harga di atas Rp5 juta. Ya, kira-kira itu yang aku pikirin awal-awal memutuskan beli laptop secara online. Takut nggak aman. Takut kenapa-kenapa sama laptopnya. Takut kena penipuan.


Tapi setelah aku tanya-tanya di toko komputer yang ada di Pringsewu dan sampai datang ke tokonya, ternyata nggak ada laptop dengan spesifikasi yang aku butuhin. Lebih dari itu selisih harganya dengan online lumayan banget. Mau beli di Bandar Lampung juga masih PPKM dan banyak kasus Covid-19 dimana-mana. Belum lagi ongkosnya.


Setelah semua pertimbangan dan tidak ditemukan spesifikasi yang kuinginkan, akhirnya aku memutuskan untuk membeli secara online. Jika biasanya aku selalu membeli di marketplace Shopee, kali ini aku membeli di Tokopedia. Nekat banget, emang. Tapi karena selama ini beli online nggak pernah ada masalah dan dapat rekomendasi mending beli online, jadi ya udahlah bismillah aja.


Hari pertama, masih fokus nonton pertandingan badminton Olimpiade Tokyo.

Hari kedua, masih nonton tapi mulai kok nggak dikirim-kirim sih.

Hari ketiga, oke, udah dikirim semoga aman dijalan.

Hari keempat, kok nggak ada update resi lagi ya?

Hari kelima, lho baru berangkat dari pengambilan kurir?

Hari keenam, kok nggak ada update?

Hari ketujuh, udah sampai di Bandar Lampung, besok sampai Pringsewu nih.

Hari kedelapan, paket datang hari ini. (Sore hari) Lho, kok kurir belum datang. Kok lama banget sih?

Hari kesembilan, paket sedang dalam pengiriman kurir, tapi nggak dateng juga paketnya. Aduh, harusnya nggak pake ekspedisi kargo! Kan, nyesel gini!

Hari kesepuluh, ada keterangan New Address! Aduh, apa lagi ini. Coba hubungi kurir dan cabang ekspedisi. Setelah galau, akhirnya diterima juga paketan hari kesepuluh ini.


Setelah merasakan pengalaman penuh was-was dan rasa khawatir nunggu paket, buat kamu yang emang nggak punya mental yang kuat buat beli barang mahal secara online, sebaiknya emang nggak usah dilakukan. Apalagi jika duit yang digunakan untuk membeli mung-mungan alias cuma itu yang dimiliki atau duit orang lain.


Tapi buat kamu yang sudah siap dengan rasa was-was, beli online nggak ada salahnya. Yang penting kamu pinter-pinter dalam memilih toko. Lebih aman pilih Official Store. Saat aku menerima paket, laptop HP 14s-dk1514AU ini dalam keadaan baik-baik saja. Bahkan kardusnya nggak penyok. Aman, pokoknya.


Buat yang mau melihat proses unboxingnya, bisa tonton video di bawah ini:



Kenapa Pilih Laptop HP?


Aku termasuk orang yang ngotot 'mau beli laptop HP' dan bikin temen-temen bertanya, "Kenapa harus laptop HP?" Jadi, aku sudah dua kali ganti laptop - tiga kali dengan laptop yang baru kubeli ini. Laptop pertama yang aku beli merek Axioo entah tipenya berapa dan hanya bertahan selama 3 tahun, itu pun tahun kedua udah servis.


Laptop kedua yang kubeli HP 11" FQ06TU Desember 2016 dan hingga kini notebook tersebut masih sehat. Dalam penggunaannya nggak ada perbedaan antara Axioo dengan HP, ngetik, internet, dan nonton drama Korea. Tapi dari segi umurnya, dua notebook ini berbeda jauh.


Kenapa nggak mencoba ASUS, Acer, atau Lenovo? Saat kuliah teman-temanku banyak yang punya laptop ASUS dan hampir keseluruhan mengalami masalah di laptop yang digunakan. Baterai soaklah, casan rusaklah, dan lainnya. Acer juga gitu, laptop tetanggaku rusak di tahun ketiga setelah pembelian. Kalau Lenovo aku kurang tertarik aja.

Itu cuma pendapat pribadiku. Banyak kok yang pakai ASUS, Acer, dan Lenovo dan awet bertahun-tahun. Tapi berdasarkan konsultasiku dengan rekan kerja di Kledo, HP memang salah satu merek laptop yang cukup direkomendasikan selain laptop-laptop gaming.


Alasan Memilih HP 14 s-dk1514AU


Buat kamu yang lagi cari laptop, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk memilih laptop yang tepat buat kamu. Apa saja kira-kira?

1. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Ya, percuma kamu pengen laptop sekelas ROG kalau budget kamu nggak cukup. Emang mau beli pakai daun? Nyari daun sekarang juga susah, haha!

2. Sesuaikan dengan tujuan kamu membeli laptop. Laptop untuk para gamers pasti beda laptop untuk pelajar atau mahasiswa. Jadi, kamu harus mengetahui tujuan kamu sebelum memutuskan membeli laptop.

3. Cek ketersediaan produk. Ya, percuma ingin merek dan tipe A kalau stoknya lagi abis, ya kan?


Kalau dari pengalamanku, aku bertanya ke teman yang emang tahu spek laptop untuk tahu seperti apa spesifikasi laptop yang aku butuhin. Soal budget, aku yang Mei 2021 kemaren menyabet juara 1 Lomba Review Drama Korea punya budget Rp6 juta hingga Rp7 juta.


Kata Sulis, rekan kerja di Kledo minimal pilih laptop dengan prosessor i3 atau Ryzen 3 dan RAM 8 GB karena selain nulis, aku juga punya kebutuhan desain grafis tipis-tipis. Kalau dari tambahanku, setelah pernah nulis Review Laptop ASUS A516, aku naksir berat sama keyboard backlit dan kalau emang bisa milih spesifikasi terbaik dengan budget tersebut kenapa enggak?


Setelah nyari-nyari secara offline di Pringsewu, aku nggak menemukan laptop dengan spesifikasi i3 atau Ryzen 3, RAM 8 GB, keyboard backlit, FHD, dan juga slim dengan warna silver. Emang agak ribet spesifikasi yang aku pengen. Nah, saat aku chat toko yang ada di Shopee, aku direkomendasikan laptop HP 14s-dk1514AU ini.


Laptop HP 14s-dk1514AU ini merupakan seri terbaru dari HP yang baru diluncurkan akhir Juli 2021, makanya saat aku membelinya di awal Agustus 2021 belum ada yang mereview baik di website atau YouTube. Tapi kalau lihat speknya, seri HP ini mirip dengan tipe HP 14s-fq0020AU. Cuma beda di beberapa bagian, kayak touchpad dan port yang dimiliki.


Aku sempet nyari tipe HP 14s-fq0020AU tapi barang udah kosong dimana-mana. Jadi, mau nggak mau cuma ada laptop HP 14s-dk1514AU ini.


Spesifikasi Laptop HP 14s-dk1514AU


Laptop HP 14s-dk1514AU


Kamu butuh laptop untuk kerja kantoran yang bisa buat desain grafis? Atau butuh laptop yang bisa membantumu kerja lebih cepat dan efektif? Laptop HP 14s-dk1514AU ini sudah sangat mumpuni.


Selama beberapa hari menggunakan laptop ini aku terkesima - wow, nggak ada lagi yang nama lelet atau mendadak muncul notif not responding. Bahkan aku bisa spotify-an setiap hari tanpa takut laptopku macet dadakan, hahaha.


Untuk lebih jelasnya, berikut aku jelasin spesifikasi dan pengalamanku menggunakan laptop ini selama beberapa hari:


1. Laptop HP 14s-dk1514AU Desain Slim dan Ringan


Mau beli notebook atau laptop ya? Kalau laptop pasti gede dan berat. Buat kamu yang berpikir begini, kamu perlu banget kenalan dengan laptop jaman sekarang yang so slim. Meski ukurannya 14 inch tapi laptop ini nggak keliatan gede.


Dari pengamatanku, ini dikarenakan space di samping layar nggak begitu banyak, jadi ukuran 14" benar-benar menunjukan body 14" juga. Hebatnya lagi, laptop ini sangat ringan. Beratnya hanya 1,47 kg. Bahkan jika dibandingkan dengan notebook HP 11 inch yang aku punya, laptop HP 14s-dk1514AU ini lebih ringan.


2. Laptop HP 14s-dk1514AU Layar Cerah

Aku terpesona dong dengan kecerahan layar FHD yang dimiliki laptop HP ini. Meski aku menyetel kecerahan layar paling rendah, tapi layar laptop tetap tampak cerah dan semua yang muncul di layar benar-benar terlihat jelas.

Tentu ini akan memudahkan pekerjaan, apalagi buat yang bekerja sebagai desainer grafis. Cocok banget deh!


3. Kerja Ngebut? Bisa Banget!

Notebook lamaku jika dipakai untuk ngetik cepet, aduh hurufnya bisa muncul beberapa detik kemudian. Dengan HP 14s-dk1514AU ini semua itu tidak akan terjadi. Mau ngetik, internetan, dengerin lagu, Netflixan, atau ngedit semuanya bisa ngebut.


4. Speaker Laptop HP 14s-dk1514AU Nyaman untuk Telinga

Biasanya aku selalu menggunakan smartphone buat dengerin lagu tapi setelah ganti laptop, aku lebih nyaman mendengearkan lagu langsung di laptop. Speaker laptop HP ini menurtku sangat memuaskan dan membuat telinga nyaman saat mendengarkan lagu.


5. Keyboard Backlit Laptop HP 14s-dk1514AU

Kenapa sih aku pengen punya laptop dengan spek keyboard backlit? Buat penulis kayak aku, aku sering kerja di tempat yang agak gelap karena kalau terlalu terang membuat mataku silau. Nah, agar tulisan di keyboard bisa dibaca dengan jelas, aku butuh bantuan keyboard backlit ini.


6. Fast Charger

Percaya atau nggak, laptop HP 14s-dk1514AU cuma butuh waktu satu jam lebih untuk mengisi baterai dari 20% hingga penuh. Menurutku itu cepet banget dan sangat efektif buat orang yang super sibuk karena tidak harus ngecas laptop berkali-kali.


7. Baterai Tahan Lama

Meski waktu ngecas hanya satu jam lebih, baterai laptop HP ini tetap tahan lama. Buat digunakan aktivitas normal untuk akses internet dan dengerin lagu, baterai laptop HP bisa bertahan hingga 4 jam lebih. Buat yang aktivitasnya lebih ringan bisa bertahan hingga 7 jam.


8. Windows 10 Home Original dan OHS 2019 Laptop HP 14s-dk1514AU

Laptop HP ini juga sudah dilengkapi dengan Windows 10 Home Original yang cukup kamu aktifkan saat menghidupkan laptop untuk pertama kalinya. Cara mengaktifkannya juga sangat mudah dan diakhiri dengan disambungkan ke internet.

Selain Windows10  Home Original, kamu juga akan mendapatkan Office Home&Stundent 2019. Lengkap pokoknya.


Berikut spesifikasi lebih lengkapnya:

  • Prosesor AMD Ryzen 3 3250U dual-core 
  • Windows 10 Home Single Languages 64 + OHS 2019
  • 14" diagonal, FHD (1920x1080), IPS, micro-edge, BrightView, 250 nits, 45% NTSC
  • Chipset AMD
  • RAM 8GB DDR4 2400MHz dan dapat diupgrade hingga 16GB
  • SSD 512GB
  • Dual speaker
  • AMD Radeon Graphics
  • Baterai 3-cell (41 Whr) Li-ion
  • 1 SuperSpeed USB Type-C, 2 SuperSpeed USB Type A, 1 HDMI, 1 RJ-45, 1 AC smart pin, 1 headphone
  • Kamera HP TrueVision HD Camera
  • Pilihan warna silver dan gold
  • Garansi HP selama 2 tahun


Harga Laptop HP 14s-dk1514AU

Setelah membaca spesifikasi di atas, apakah kamu tertarik dengan laptop HP 14s-dk1514AU ini? Lalu berapa sih budget yang harus dikeluarkan untuk memiliki laptop satu ini?


Saat membelinya di tanggal 2 Agustus 2021, aku mengeluarkan biaya Rp7.624.000 sudah sama ongkos kirim. Jika tanpa ongkos kirim, harga yang tertera adalah Rp7.599.000. Harga ini bervariasi antara satu toko dengan toko lainnya, bahkan antara Tokopedia dan Shopee punya harga yang berbeda meski masih satu toko. Di Shopee dijual dengan harga Rp7.699.000, selisih Rp100.000 dengan di Tokopedia.


Selang satu minggu setelah aku membeli, barang tersebut sudah mengalami kenaikan harga, bahkan di toko tempat aku beli yakni Agress sudah tidak ada stok alias semuanya sudah habis terjual. Jadi, jika kamu memang benar-benar niat membeli, belilah dari sekarang juga!


Tips Membeli Laptop secara Online di Marketplace

laptop


Buat kamu yang mau beli laptop secara online, ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap aman membeli laptop secara online:

1. Beli di marketplace, jika kamu menemukan iklan di Instagram, mintalah link pembelian di marketplace, baik itu Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, atau lainnya.

2. Usahakan beli di Official Store atau jenis Mall, karena ini menandakan toko tersebut telah terdaftar secara resmi di marketplace.

3. Perhatikan review pembeli, jangan beli jika review pembeli buruk.

4. Pilih ekspedisi yang sesuai, jika ingin cepat pilihlah yang regular atau kalau mau menunggu lama bisa pilih kargo biar lebih murah.

5. Chat seller atau penjual untuk menanyakan detail produk dan pengiriman, termasuk jika terjadi apa-apa dijalan atau terkait asuransi.

6. Jangan lupa videokan ketika membuka paket untuk jaga-jaga jika terjadi kerusakan pada laptop.

7. Beri review yang lengkap di toko tempat kamu membeli untuk membantu calon pembeli lainnya.


Kesimpulan

Itulah tadi review dan pengalaman aku dalam membeli laptop HP 14s-dk1514AU di Tokopedia. Buat kamu yang lagi bingung mau ganti laptop, kamu bisa banget pakai beberapa tips yang sudah aku jelaskan di atas. Buat yang mau tanya-tanya bisa tanya di kolom komentar, biar nggak bingung lagi untuk beli laptop yang dibutuhkan. Terima kasih.




Get notifications from this blog

28 comments

  1. Kok jadi mupeng buat shopping laptop juga yhaaa (anaknya gampang pengin :D )
    Soalnya buat PJJ anakku butuh laptop yg ciamik sikk.
    tugasnya mayan banyak.
    boljug nih laptop yg di-review mb Desi.

    ReplyDelete
  2. Aduh saya juga butuh laptop Mbak Desi

    sayang harga laptop sedang merangkak naik

    Boleh juga nabung untuk laptop HP 14s-cf2075TU ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah nggak ada sepertiny buat tipe itu. Tipe yg aku beli ini juga udah mulai kosong, kudu gercep kalo mau beli

      Delete
  3. Aku aku aku, sekarang lagi pakai HP yang Elite Book 830, lungsuran suami. Soalnya suami beli laptop baru. Alhamdulillah banget.

    Dag dig dug serrr ya mba nungguin laptopnya sampai di tangan. Hahaha. Akhirnya HP 14s-Dk1514AU sampai alamat.

    Suami saya beli laptop, hp beberapa kali online lewat Tokopedia. Yang penting telusuri merchant online yang menyediakan barang, harus terpercaya dan sudah banyak mendapat review dari buyer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak, bener banget. Pinter2 aja beli laptop online

      Delete
  4. Suami kemarin barusan eli laptop deg degan juga nunggunya takut kenapa napa dijalan/di kurir Alhamdulillah selamat sampai di tangan. Aku belum pernah sih beli elektronik di tokopedia tapi baguslah kalau aman, boleh kapan2 coba

    ReplyDelete
  5. Yeessss sebagai manusia yang ga kuat mental - sementara kalo beli online ini kan yaaaa ada lah 1 banding 1000 yang gagal kirim atau apalah, jadi aku mending beli offline aja

    Untungnya lagi kalo beli di Tokopedia itu bisa ditelusuri dan bisa bertanggungjawab juga jika ada kerusakan atau gagal pengiriman (amit amit)

    ReplyDelete
  6. Duh aku kok naksir ya laptop HP ini... 2 laptopku sebelumnya juga HP sih..tapi berakhir dengan kondisi yang sama.. Semoga kalo aku pake HP lagi lebih awet dan tahan banting meski dipakenya rada ugal-ugalan hehe

    ReplyDelete
  7. Laptop hp sering saya gunakan saat setelah kuliah, cukup cepat melihat spesifikasinya

    ReplyDelete
  8. uwaaah keren, berani beli laptop secara online
    aku kemarin yang beli online cuma tablet dan oven, Alhamdulillah aman
    soalnya keluargaku pantang beli barang elektronik via online

    ReplyDelete
  9. Laptopku juga merk HP loh tapi tipe lama hehehe :) Membaca spek laptop mbak, aku kepengen juga beli yang baru untuk mendukung hobiku ngeblog nih. Beli online zaman now terjaga banget keamanannya sampai tiba di rumah. Harganya 7 jutaan, nabung dulu ah hehehe :D

    ReplyDelete
  10. Pencerahan banget infonya...
    Aku setuju beli online barang elektronik termasuk laptop oke aja sih di marketplace, tapi sebaiknya di official storenya. Jadi lebih aman
    Dulu waktu tinggal di Amerika, suamiku segala rupa beli online, kamera, laptop, HP, buku..apalah-apalah, karena di sana dah umum banget (padahal tahun 2009-2011). Dan, meski bukan official store, relatif aman dan ori. Pas balik ke sini, kami pilih official store kalau beli barang elektronik online, dan selama ini aman juga

    ReplyDelete
  11. Daku juga ngincer laptop HP, pas baca artikel ini, makin semangat dah ah menabung, biar klop sama printer

    ReplyDelete
  12. laptopku udah mulai bergaris layarnya. Sekarang lagi cari-cari rekomendasi laptop, kali aja bisa ganti laptop dalam waktu dekat

    ReplyDelete
  13. Pas nih Saya lagi cari-cari laptop, trims rekomendasinya ya kak Desi. Saya termasuk yang takut-takut beli via market place apalagi laptop tapi nanti dicoba ah

    ReplyDelete
  14. Desain yang slim dan ringan ini emang jadi inceran banget nih. Biar mudah dibawa kemana-mana tanpa merasa terbebani.

    ReplyDelete
  15. Aku tadi nyabtertarik Ama Asus, Krn taulaah review-nya banyak bgt di mana2 dan bagus2. Walo kebanyakan memang endorsan :D. Tapi Krn mba nulis banyak temennya yg suka masalah Ama Asus, jadi ragu.

    Naah kalo HP, sbnrnya ini memang merk laptop yg dipake di kantor suami dan kantorku yg lama. Suami sendiri udh pernah ngomong kalo ntr hrs ganti laptop, dia pengen beli HP, Krn udh tau bgt kualitasnya secara dipake di kantornya kan. Kebetulan mba Desi designer grafis, yg pasti kerjaannya hrs dgn laptop dan PC. Jadi pasti tau mana laptop yg memang terbaik utk dipakai kerja kan. Aku lebih percaya review Dr orang2 yg memang kerjanya kebanyakan pakai gadget. Jadi bisa yakin :D.

    Kalo utk hrg, masih wajar sih yaaa. Dell yg aku pake skr ini aja, 5 THN yg lalu aku beli segitu juga. Udh mulai rewel nih, udh tua juga sih. Makanya aku udh nyiapin budget buat beli laptop baru mba, kalo2 yg skr ngambek :p

    ReplyDelete
  16. Beli laptop online emang harus benar-benar merhatiin market placenya, syukur-syukur kalau pas ada barangnya juga di official store dan aku seringnya beli barang di official store. Ya mungkin selisih lumayan, tapi rasanya lebih aman gitu. Apalagi mengenai garansi yang paling penting, kan kalau ada apa-apa gitu bisa klaim.

    ReplyDelete
  17. Pas banget teman lagi cari laptop buat ngezoom sama kuliah online tiap hari, hehe. Kayaknya laptop ini bisa kurekomendasikan biar kegiatannya lancar.

    ReplyDelete
  18. Hiyaa jafi makin bingung kan wkwkwk
    Aku yang dari kemarin ngebet banget pengen beli asus liat review ini makin gunda gulana wkwkwk
    Yang engga suka dari asus tuh kalau terlalu sering di pakai bakal jadi panas banget. Merek HP ini gini juga engga ya?

    ReplyDelete
  19. Sudah 10 tahun saya pakai ACER alhamdulillah awet banget. NExt time kalo mau beli laptop coba saya akan pertimbangkan untuk menyoba yang merek HP ini. Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  20. Beli lapotop online bisa minta disetting2 gitu gak kak? eh tp berarti buka segel ya. Belum pernah sih. Klo beli hp udh beberapa kali beli online

    ReplyDelete
  21. Wow beratnya cuma 1.47 kg? Ringan bangettt ya HP tipe ini, lebih ringan daripada beban hidupku wkwk

    ReplyDelete
  22. Iyaa beli online tuh deg-degan pisan kalau barang mahal, aku pernah beli kasur, hape dan cincin emas secara online pas pandemi ini karena nggak bisa keluar rumah Alhamdulillah sampai dengan selamat. Lega ya, laptopnya sampai di rumah, keren pisan semoga makin semangat berkarya yaa.

    ReplyDelete
  23. Waah...selamat, kak Desi..
    Menang lomba VIU yaa...

    Aku juga berencana ganti laptop niih... hehehe, soalnya pengen coba pakai prosesor lain selain windows.
    Dan kini, sudah gak ragu lagi kalau beli online. Alhamdulillah kemarin suami beli duluan, aman.
    Amanah penjualnya.

    ReplyDelete
  24. HP ini merek favorit-ku juga, kebetulan...
    Jaman kuliah udah pake merek ini, dan seneng banget sama laptop itu. Karena keren dan serientertain gitu...
    Sampe sekarang laptop HP ku masih bisa dipake walapun sempet rusak dan diperbaiki, padahal udah 10 tahunan...

    ReplyDelete
  25. Barokalah des, masyaAllah udah ganti laptop jadi semangat on fire nih ya hahaha, semoga aku juga punya laptop yang enteng juga aamiin

    ReplyDelete