√ PIMNAS: Tips dan Trik Jadi Bagian Darinya - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Thursday, June 21, 2018

PIMNAS: Tips dan Trik Jadi Bagian Darinya


pimnas
Peserta PIMNAS 30 delegasi Universitas Lampung


Hallo, Teman-Teman! Selamat datang di blog paling micin di Indonesia. Blog yang langsung dinaungi oleh pemilik Pulau Micin tapi selalu ngangenin. Jadi sebenernya gue mau nulis artikel tentang PIMNAS dalam satu kali posting tapi kok kebanyakan ya?
 
Jadinya akhirnya gue jadiin dua artikel. Alasan utamanya biar teman-teman nggak terlalu pening. Soalnya gue kalo liat tulisan banyak banget boro-boro buat baca, liat aja udah pening.

pimnas

Oke, setelah sebelumnya gue menulis tentang kenikmatan lolos PIMNAS, sekarang gue mau bercuap-cuap tentang tips dan trik lolos PIMNAS. Ini didasari pengalaman gue sebagai peserta PIMNAS dan sekaligus ketua pelaksana.
 
Sebenarnya lolos PIMNAS buat gue dan kelompok adalah sebuah keajaiban berbumbu keberuntungan. Nggak nyangka banget dan gue pengen teman-teman juga bisa merasakan keajaiban berbumbu keberuntungan itu. Yuks simak:

 Tips dan Trik Lolos PIMNAS


 
Maskot PIMNAS 30
Pertama, teman-teman harus lolos PKM terlebih dahulu. Sebenarnya buat lolos PKM ini banyak artikel yang udah memuatnya tapi gue mau membocorkannya sedikit. Buat judul dan ide yang menarik. Judul PKM kelompok gue adalah KERAMAT (Kreasi Rajut Mahasiswa Terampil) dan menurut gue judul PKM gue yang menjadi poinnya.
 
Untuk ide yang menarik, teman-teman bisa liat dari proposal yang pernah lolos PKM dan PIMNAS. Selain itu, teman-teman juga harus memerhatikan prosedur penulisan PKM yang ada pada panduan. Ikuti semua aturannya.
 

Kedua, persiapkan pelaksanaan PKM secara matang. Setelah lolos pendanaan PKM, persiapkan pelaksanaan PKM secara matang, baik untuk jadwal maupun anggaran dana. Dalam waktu lebih kurang 4 bulan pelaksanaan PKM, nggak semuanya buat melaksanakannya tapi juga ada waktu untuk membuat laporan.
 
Di sini kerja sama tim kelompok PKM juga sangat penting. Jangan pernah tinggalin ketua kelompok buat mengerjakan sendirian karena ketika lolos PIMNAS semua bakal menikmatinya bersama. Untuk anggaran dana, karena biasanya nggak langsung cair 100% jadi harus ada persiapan dana lainnya, terlebih untuk PKM-Penelitian atau PKM-Teknologi yang sering banget mengalaminya.

Ketiga, jangan lupakan Log Book. Log book merupakan catatan harian yang harus diisi oleh kelompok PKM melalui akun ketua kelompok di laman simbelmawa.ristekdikti.go.id. Log book ini berisi tentang apa saja yang dilakukan oleh kelompok dalam pelaksanaan PKM. Setiap ada kegiatan harus diisi.
 
Lebih baik lagi jika ditambah dengan foto dan bukti transaksi. Kalau gue pribadi setiap hari gue buat catatan harian, baik ada kegiatan ataupun nggak, bahkan saat lebaran juga gue tulis.

Keempat, persiapkan laporan kemajuan PKM. Sembari pelaksanaan PKM, laporan kemajuan juga harus ikut dipersiapkan. Tata cara dan panduannya ada di pedoman PKM yang diterbitkan oleh Belmawa. Kalau masih bingung, teman-teman bisa download contoh laporan kemajuan di google ataupun minta file ke senior yang pernah lolos PKM tahun sebelumnya.
 
Persiapkan juga foto-fotonya dengan kamera jika perlu. Selain laporan kemajuan, juga ada laporan akhirnya yang merupakan hasil akhir dari PKM teman-teman. Oh ya, termasuk pemakaian anggaran dana ya! Untuk laporan kemajuan biasanya sudah sekitar 50%-80% dana terpakai sesuai pelaksanaannya.
 
pimnas
contoh slide ppt monev
 
Kelima, persiapkan monev internal dan eksternal. Monev atau monitoring dan evaluasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyeleksi PKM untuk layak untuk PIMNAS atau tidak selain melalui laporan kemajuan. Monev ada dua yaitu internal dan eksternal. Internal dilakukan oleh pihak kampus, sedangkan eksternal dilakukan oleh pihak dari belmawa.
 
Biasanya sih monev internal dilakukan untuk persiapan monev eksternal. Banyak banget yang perlu disiapkan untuk monev internal dan eksternal ini, terlebih monev eksternal karena hasil dari monev eksternal ini menyumbang nilai paling banyak untuk penentuan lolos PIMNAS. Apa saja persiapannya?

Satu, jabarkan tentang kelebihan PKM yang teman-teman laksanakan. PKM yang unik dan orisinil memiliki nilai yang lebih dibandingkan PKM yang pernah dilaksanakan sebelumnya. Kebingungan dengan kelebihannya? Ciptakan!
Dua, buat slide PPT yang menarik. Monev internal dan eksternal ini berupa presentasi dengan slide PPT, jadi pastikan teman-teman membuat slide yang menarik. Jika perlu teman-teman melakukan presentasi yang berbeda dari yang lainnya. Teman-teman bisa mendownload dari youtube untuk contoh-contohnya.
Tiga, pastikan luaran PKM sudah tercapai. Tujuan utama PKM adalah apa yang tertera pada luarannya, jadi ketika monev pastikan luaran telah terpenuhi. Untuk PKM Kewirausahaan biasanya luaran berupa adanya kerja sama, jadi pastikan saat monev ada surat kerja sama dengan mitra yang terlampirkan di laporan kemajuan dan juga slide ppt.

Empat, publikasi media dan kerja sama dengan banyak pihak jadi poin tambah. Jika teman-teman pernah membaca berita mahasiswa UGM atau UI atau IPB menemukan alat atau teknologi baru, itu bisa jadi merupakan berita kelompok PKM yang diterbitkan untuk menambah poin saat monev PKM. Semakin banyak PKM kalian dipublikasikan dan semakin banyak kerja sama, PKM kalian artinya semakin diakui. Untuk berita teman-teman bisa menghubungi wartawan dan untuk kerja sama teman-teman bisa mengajukannya kepada pihak yang bersangkutan.

Lima, seluruh tim harus memahami isi pelaksanaan PKM. Saat monev biasanya setiap anggota tim akan ditanya tugas masing-masing dan tentang PKM yang dilaksanakan. Untuk kelompok PKM yang benar-benar melaksanakannya bersama-sama pasti tahu kan apa yang harus dijawab?
Enam, percaya diri. Sebelum mengikuti PIMNAS gue berpikiran kalo universitas lain itu lebih keren tapi setelah PIMNAS ternyata universitas tempat gue kuliah juga nggak kalah keren. Jadi, percaya diri saja. Kita layak kok asalkan berusaha.


Setelah selesai monev, jangan lupakan laporan akhir ya! Kemudian tunggu pengumuman PIMNAS sekitar satu bulan kemudian dan jangan lupa untuk terus berdoa. Selamat mempersiapkan monev buat teman-teman dan semoga lolos PIMNAS.
 


Get notifications from this blog