√ PIMNAS: Ajang Paling Bergengsi Mahasiswa Tingkat Nasional dan Segala Kenikmatannya - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Thursday, June 21, 2018

PIMNAS: Ajang Paling Bergengsi Mahasiswa Tingkat Nasional dan Segala Kenikmatannya

PIMNAS 30 di Universitas Muslim Indonesia Makassar


 Hallo, Teman-Teman! Selamat datang di blog gue yang masih ecek-ecek ini. Blog yang lebih banyak dibumbui dengan micin dibandingkan royko (ini iklan!) dan lebih banyak curhatnya. Jadi malam ini gue bingung mau nulis apa dan tiba-tiba inget pengelaman gue saat mengikuti PIMNAS 30 di Makassar tahun lalu. Berhubung sebentar lagi akan diadakan seleksi PIMNAS bagi kelompok mahasiswa yang lolos PKM, maka akhirnya gue terilhami ide ini: PIMNAS: Ajang Paling Bergengsi Mahasiswa Tingkat Nasional dan Segala Kenikmatannya.
 
Delegasi PIMNAS 30 dari Universitas Lampung
Sebelum gue nyerocos kemana-mana, apa sih itu PIMNAS? Buat Teman-Teman yang masih berstatus MaBa alias mahasiswa baru (please bukan bau) pasti masih asing dengan kata PIMNAS. Hemm, iyakan? Makanya gue mau kasih tau. Jadi, PIMNAS merupakan singkatan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional yang diadakan oleh Ditjen Belmawa (Pembelajaran dan Kemahasiswaa) dibawah naungan Kementrian Riset dan Perguruan Tinggi. Disebut-sebut, PIMNAS merupakan ajang paling bergengsi tingkat mahasiswa di Indonesia, sehingga setiap perguruan tinggi di Indonesia baik negeri ataupun swasta setiap tahun selalu berlomba-lomba untuk mengirimkan tim ke PIMNAS paling banyak dan tentu saja memborong medali paling banyak di ajang PIMNAS.

Nah, apa sih yang didapatkan ketika lolos PIMNAS? Kalo kalian berpikiran buat dapat gebetan dari beda universitas, kalian nggak salah. Tapi ada yang lebih dari itu. Apa saja ya?
 
Peserta PIMNAS 30 PKM-K 3
Pertama, pengalaman. Menurut gue pribadi pengalaman PIMNAS itu berharga banget. Di sana gue bisa berkenalan dengan mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di seluruh Indonesia yang pastinya udah teruji kekreativitasannya. Selain itu kita juga bisa saling berbagi cerita tentang daerah asal masing-masing dan dengan bertambahnya kenalan, kita bisa punya alasan buat jalan-jalan ke kotanya.
 
Patung Sultan Hasanuddin di Bandara
Kedua, wawasan. Gue percaya, selain membaca buku, wawasan kita bakal jauh berkembang dengan cara mengunjungi tempat baru. PIMNAS adalah salah satu caranya. Gue awalnya nggak tau apa-apa tentang Makassar ya kecuali kotanya Pak Jusuf Kalla dan Suku Bugis, tapi setelah mengikuti PIMNAS di sana, gue jadi tahu sedikit bahasanya, suku-suku yang ada di sana, uang panai Suku Bugis, tata kotanya yang unik, orang-orangnya dan juga Pantai Losarinya. Dengan bertambahnya wawasan, berkembang pula pola pikir kita. Nggak akan kolot lagi deh pokoknya.
 
Pantai Losari
Ketiga, jalan-jalan. Kata salah satu peserta dari UNES, hal yang paling dinantikan dari PIMNAS adalah momen jalan-jalannya. Nggak memungkiri memang, siapa sih yang nggak mau jalan-jalan ke luar kota secara gratis? Buat gue dan temen-temen, PIMNAS ini menjadi kesempatan kami merasakan first flight alias penerbangan pertama. Juga, gue yang jarang banget nginep di hotel jadi bisa merasakannya. Nggak cuma itu, peserta PIMNAS juga diberi kesempatan jalan-jalan sehari penuh buat mengunjungi objek wisata dan kulinernya. Semua itu GRATIS.

Keempat, prestasi. Percayalah, lo bisa mendadak terkenal gara-gara lolos PIMNAS. Gimana tidak, dari puluhan ribu tim mahasiswa yang mengirim proposal PKM, hanya ada sekitar tiga ribu yang lolos pendanaan PKM dan hanya 420 yang lolos PIMNAS. Selain itu, piagam PIMNAS juga bisa dijadikan buat menambah CV ketika mau melamar kerja. Eh, siapin diri kalo pulang PIMNAS diminta jadi pembicara dalam seminar. Apalagi jika bisa memboyong medali.
 
Belanja oleh-oleh di Somba Opu
Kelima, uang pesangon. Meski nggak banyak banget tapi uang pesangon ini lumayan buat beli oleh-oleh saat acara PIMNAS. Saat acara PIMNAS banyak banget loh pendagang marchinedise yang khas PIMNAS banget dan belum lagi oleh-oleh khas daerah tempat PIMNAS diselenggarakan.

Gimana? Tergiur dengan iming-iming yang didapatkan saat PIMNAS? Eitssss, sebelum menikmati semua itu, kalian harus lolos PIMNAS terlebih dahulu dan sebelum lolos PIMNAS, kalian harus lolos pendanaan proposal PKM dulu dan jauh sebelum itu, kalian harus nulis proposal PKM terlebih dahulu (meski lebih jauhnya lagi harus jadi mahasiswa baik melalui SNMPTN, SBMPTN ataupun ujian masuk lainnya – abaikan – )
 
Hmmm, banyak ya? Makanya PIMNAS disebut sebagai ajang paling bergengsi tingkat 
perguruan tinggi di Indonesia. Untuk tips lolos PIMNAS, teman-teman bisa akses ke sini: Tips dan Trik Lolos PIMNAS

Get notifications from this blog