√ Realisasi Mimpi Perempuan Indonesia bersama Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Tuesday, March 26, 2024

Realisasi Mimpi Perempuan Indonesia bersama Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Asus Zenbook DUO





Where there is a woman, there is magic-- Ntozake Shange.
 

Saat aku berumur 15 tahun, ibuku berkata, "Jadi perempuan kita juga harus berdaya. Kita harus bisa kerja dan menghasilkan uang, biar kalau pingin apa-apa bisa beli sendiri." Ucapan ibuku itu membuatku bertekad, meski aku perempuan di masa depan aku harus bisa kerja dan berdaya.

Sebagai perempuan, aku banyak belajar dari ibuku. Ibuku adalah perempuan rumahan. Beliau tidak memiliki banyak pengalaman karena di usia 17 tahun beliau harus menikah karena dijodohkan. Sejak aku kecil, ibuku tidak hanya berdiam diri di rumah mengurus anak dan suami.

Meski hanya tinggal di rumah, ibuku turut berperan dalam menghidupkan ekonomi keluarga. Mulai dari ternak bebek hingga bekerja fisik seperti buruh tani. Aku tidak pernah mendengar ibuku mengeluh, meskipun hidup ibuku saat itu tidak mudah.

Ibuku hanyalah satu kisah dari ribuan bahkan jutaan kisah perempuan yang hidupnya digunakan untuk mengabdi kepada keluarga. Meski kelihatannya mereka tidak bekerja, tetapi sebenarnya mereka selalu bekerja sepanjang hari. Mulai dari pekerjaan mengurus rumah yang tidak ada habisnya hingga pekerjaan untuk membantu perekonomian keluarga.

Seperti quotes yang kutulis di bagian awal 'dimana ada perempuan, di sana ada keajaiban', perempuan memang pembawa keajaiban. Melalui tangannya, perempuan bisa mengubah sebatang kayu menjadi makanan yang bisa dijual dan hasilnya digunakan untuk menghidupi keluarga.

Jika orang-orang jaman old selalu mengaitkan perempuan dengan 3M (macak, masak, manak yang artinya dandan, masak, melahirkan), jaman sekarang perempuan bisa menjadi apapun yang mereka mau. Perempuan boleh memiliki mimpi dan mengejar mimpinya. Perempuan pun bisa bekerja dan memiliki jabatan di pekerjaannya.

Tidak ada yang tidak mungkin di zaman sekarang ini, termasuk untuk setiap mimpi perempuan.

Asus Zenbook DUO
Ilustrasi by Desi Murniati

Apa Mimpi Perempuan Indonesia?


Sebagian besar anak perempuan Indonesia tumbuh dengan narasi perempuan sekolah tinggi ujungnya juga di dapur, sumur, dan kasur. Mungkin tidak semuanya, tetapi masih banyak perempuan yang mendapatkan narasi ini, termasuk aku. Narasi ini masih sering digaungkan, terlebih bagi kami yang tinggal di desa.

Lalu, benarkah pendidikan perempuan itu tidak penting? Apakah semua perempuan memang ujungnya ke dapur, sumur, dan kasur? Sebelum kita membahas lebih jauh, alangkah baiknya jika kita bertanya langsung kepada perempuan.

Beberapa hari yang lalu aku mengadakan poling di Instagram dengan pertanyaan sebagai perempuan apa mimpi terbesarmu dengan pilihan jawaban nikah secepatnya atau berkarir dan mandiri dulu, berikut hasilnya:




Dari total 63 suara, terdapat 57 suara yang menjawab berkarir dan mandiri dulu dan 6 suara yang menjawab nikah secepatnya. Selain poling dengan pertanyaan tersebut, aku juga membuat poling dengan pertanyaan jika bisa memilih dengan pilihan jawaban jadi full IRT atau tetap bekerja setelah nikah, berikut hasilnya:




Dari total 66 suara yang menjawab, terdapat 58 suara yang menjawab tetap bekeja setelah nikah dan 8 suara menjawab jadi full time IRT.

Dari hasil poling di atas, bisa dilihat bahwa karir atau bekerja jadi bagian penting bagi perempuan Indonesia saat ini. Ya, seperti yang pernah ibuku katakan perempuan harus berdaya dan bekerja, agar nggak menggantungkan hidup sepenuhnya ke laki-laki. Meski sebenarnya pilihan menikah secepatnya dan jadi full IRT bukanlah pilihan yang salah, namun banyaknya perempuan yang memilih tetap bekerja itu terjadi bukan tanpa alasan.

Kekerasan pada perempuan dan anak di Indonesia masih sering terjadi. Data dari Komnas Perempuan menunjukan pada tahun 2023 terdapat 289.111 kasus kekerasan terhadap perempuan. Meski telah mengalami penurunan sebesar 12% dari tahun 2022, namun angka tersebut tetaplah angka yang besar untuk kasus kekerasan terhadap perempuan.

Masih dari Komnas Perempuan, kasus kekerasan ini terjadi pada korban yang lebih muda dan lebih rendah pendidikannya dibandingkan pelaku. Ini terjadi karena adanya ketimpangan relasi kuasa antara pelaku dengan korban. Sumber kuasa pelaku akan semakin kuat ketika pelaku memiliki kekuasaan politik, pengetahuan, jabatan, hingga tokoh keagamaan.

Angka kekerasan terhadap perempuan ini adalah jumlah yang dilaporkan, sedangkan di luar sana kasus kekerasan terhadap perempuan yang tidak dilaporkan bisa jadi lebih besar. Dari pengamatanku, kekerasan terhadap perempuan akan semakin tinggi ketika perempuan tidak tahu bahwa ia memiliki pilihan lain. Perempuan yang tidak memiliki kuasa pengetahuan, akan menganggap mereka tidak memiliki pilihan lain selain menerima.


Perempuan lebih memikirkan risiko lain jika melawan, misalnya nasib anak-anak dan mereka akan kesulitan karena selama ini menggantungkan hidup ke laki-laki. Perempuan ketika menikah akan menyerahkan hidupnya ke suami dan keluarga, ini yang menyebabkan mereka akhirnya akan kesulitan ketika harus lepas dari hubungan relasi dengan suami.

Dengan tingginya kasus kekerasan ini dan sebagian besar disebabkan adanya ketimpangan relasi kuasa, wajar jika perempuan lebih memilih berkarir dan mandiri dulu sebelum menikah dan memilih tetap bekerja setelah menikah.

Perempuan Indonesia dan Kesempatan Bekerja di Era Digitalisasi


Sebagai perempuan, aku menyadari kami memiliki lingkup pekerjaan yang terbatas. Misalnya saja, untuk pekerjaan lapangan seperti di sektor pertambangan, perkebunan, dan pertanian, pekerja perempuan biasanya kebutuhannya lebih sedikit dibandingkan dengan pekerja laki-laki.

Belum lagi perempuan akan mendapatkan lebih banyak cuti dibandingkan laki-laki, dari cuti haid hingga cuti melahirkan. Ini juga yang sering jadi alasan perusahaan lebih mempertimbangkan memilih pekerja laki-laki dibandingkan pekerja perempuan.

Perempuan ketika sudah menikah juga dituntut untuk tinggal di rumah dan menjadi ibu rumah tangga. Bahkan biasanya pihak calon suami atau keluarga calon suami sudah mewanti-wanti ini sebelum mereka menikah: perempuan harus di rumah saja.

Aku sempat merasakan kekhawatiran ini. Tahun 2019 saat aku baru lulus kuliah, aku selalu bertanya-tanya, "Bisa nggak ya nanti aku kerja?" Mencari kerja saat itu sangatlah sulit, apalagi di daerah seperti Lampung. Belum lagi tidak lama setelah aku lulus, pandemi datang.

Tapi tenyata aku mendapatkan pekerjaan di tengah Covid-19 sedang ramai diperbincangkan. Aku mendapatkan pekerjaan di saat banyak orang kehilangan pekerjaan dan ini adalah pekerjaan impianku selama ini.

Sejak SMP aku memang ingin menjadi penulis dan aku mendapatkan pekerjaan sebagai penulis konten di perusahaan IT. Tidak hanya itu, aku bisa bekerja secara remote atau jarak jauh. Jujur saja, aku baru mengenal pekerjaan remote ya saat aku melamar kerja di tempat aku kerja sekarang.

Aku yang dulu selalu mengira untuk bekerja harus keluar rumah atau merantau, saat itu aku tahu ternyata ada kesempatan bekerja dari jarak jauh di era digitalisasi ini. Tidak banyak perbedaan antara pekerjaanku yang remote ini dengan pekerjaan kantoran lainnya.

Aku bekerja selama 8 jam per hari dengan 5 hari kerja dalam satu minggu. Peraturan kerjanya juga sama seperti pekerja kantoran lainnya. Bedanya, aku bisa bekerja dari mana saja.

Dari pengalamanku bisa bekerja dari mana saja ini, aku juga berharap perempuan bisa memanfaatkan era teknologi ini untuk semakin berdaya. Kerja nggak harus keluar rumah. Kerja juga bisa sembari menemani keluarga. Jika aku bisa, aku yakin perempuan Indonesia lainnya juga bisa. Karena kita punya kesempatan yang sama.

Apa yang Dibutuhkan untuk Kerja dari Mana Saja?


Beberapa bulan ini aku rutin membuat konten tentang perempuan kerja remote dari desa. Selain aku ingin belajar tentang konten media sosial, alasan lainnya aku ngonten adalah aku ingin sharing bahwa perempuan juga bisa bekerja dari mana saja. Perempuan bisa berdaya dan bahagia, dan kebahagiaanya nggak melulu tentang menikah.

Konten-kontenku aku bagi menjadi beberapa niche, tentang sharing pekerjaan dan sharing motivisi sebagai perempuan single yang entah bisa nikah atau enggak, wkwk. Di konten sharing kerjaan aku mendapatkan banyak komentar yang tertarik untuk bekerja remote. Pertanyaan ini banyak datang dari ibu-ibu yang membutuhkan penghasilan tambahan.

Pertanyaan yang cukup sering muncul selain bagaimana cara dapat kerja dari mana saja adalah harus pakai laptop ya? Dan aku menjawab harus pakai laptop. Bekerja remote sepertiku itu wajib menggunakan laptop. Aku pribadi pernah mengalami tragedi laptop rusak dan aku bertanya ke Pak Bos, "Sebenarnya bisa nggak sih kerja gini pakai selain laptop, Mas? Misalnya pakai tablet?" Jawaban dari Pak Bos adalah nggak bisa.

Laptop itu memiliki spesifikasi yang nggak bisa digantikan oleh tablet ataupun HP. Beberapa aplikasi yang dibutuhkan untuk kerja hanya bisa diinstal di laptop. Apalagi buat nulis, experience nulis di laptop dengan di tablet itu berbeda. Aku sudah membuktikannya setelah punya tablet, ternyata aku tetap lebih suka nulis di laptop dibandingkan di tablet.

Ketika HRD perusahaan melakukan interview untuk pekerjaan remote, pasti akan ditanya tentang laptop. Termasuk keadaan laptop, memungkinkan atau tidak untuk bekerja setiap hari. Jadi, jika ada yang tanya apa yang dibutuhkan untuk work from anywhere, maka aku akan menjawab gadget yang mendukung yakni punya laptop.

Ada berbagai pekerjaan dari mana saja baik itu full time atau freelance yang bisa dikerjakan dengan laptop (pastinya ditambah smartphone dan koneksi internet), seperti content writer, blogger, social media manager (untuk buat content planner butuh laptop), desainer grafis, akuntan, admin, programmer, UI/UX desainer, ilustrator, animator, penulis novel, komikus, video editor, dan masih banyak lagi.

Setiap pekerjaan juga memiliki kebutuhan laptop yang berbeda-beda. Misalnya content writer dan blogger (kadang ilustrator) sepertiku pastinya memiliki kebutuhan laptop yang berbeda dengan mereka yang bekerja di bidang IT dan mereka yang bekerja sebagai penulis novel.

Untuk aku pribadi, aku pastinya memiliki laptop impian yang akan mendukung semua pekerjaanku dan membuatku makin berdaya. Aku menyebut laptop idamanku ini dengan RAPI (Revolusioner, inovAtif, Performa AI, dan fleksIbel digunakan), berikut penjelasan lengkapnya:


1. Laptop Revolusioner


Laptop impianku adalah laptop revolusioner yang berbeda dengan laptop lainnya. Sebuah laptop yang bisa mendukung semua kebutuhan pekerjaanku mulai dari sebagai penulis konten, blogger, hingga ilustrator.

Dengan adanya laptop revolusioner ini, aku tidak membutuhkan perangkat lainnya. Jika kita bisa mendapatkan semua kebutuhan, kenapa harus memilih yang memerlukan perangkat lain?

2. Desain Inovatif


Laptop impianku juga laptop dengan desain inovatif, misalnya dari layar yang dimilikinya. Buat penulis konten, blogger, dan ilustrator sepertiku, kualitas layar laptop jadi bagian yang sangat penting. Laptop dengan layar berkualitas, akan membuatku makin produktif di pekerjaanku.

3. Performa Terbaik Ditenagai AI


Laptop dengan formula ditenagai AI? Ini beneran jadi laptop idamanku! Buat ilustrator (meski kadang-kadang donag), laptop dengan ditenagai AI ini tentu akan memudahkanku karena grafis yang dimilikinya sangat memadai untuk berbagai pekerjaan desain.

Jika ada laptop dengan spesifikasi ini, jelas aku akan memilihnya!

4. Fleksibel, Mudah, dan Nyaman Digunakan


Laptop fleksibel itu laptop yang bagaimana? Fleksibel yang aku maksud adalah laptop yang bisa digunakan dalam berbagai mode. Mulai dari mode laptop biasa, mode desktop, mode sharing, hingga mode dual-screen.

Ini adalah kebutuhanku. Siapa sih yang nggak mau bekerja dengan laptop berbagai mode ini? Selain bisa melindungi mata karena kita bisa membuat layar utama sejajar dengan mata, mode ini juga mendukung untuk pekerjaan desain dan ilustrasi.

Mewujudkan Laptop Impianku dalam ASUS Zenbook DUO (UX8406)


Bayangkan, aku bisa menemukan semua spesifikasi laptop impianku di dalam satu perangkat! Ya, satu laptop ini memiliki semua spesifikasi laptop impianku. Perkenalkan, laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406).

Aku mengetahui laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini saat berita launching laptop ini muncul di beranda Instagramku. Kesanku saat melihat laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) di media sosial adalah ini laptop impianku!



Ternyata inovasi laptop dua layar ini bukan pertama kali diusung oleh ASUS. Laptop dua layar ASUS sebelumnya telah melakukan perjalanan panjang hingga akhirnya menemukan formula terbaik dalam ASUS Zenbook DUO (UX8406).

Sebelum membahas mengenai ASUS Zenbook DUO (UX8406), aku mau kilas balik ke seri laptop dua layar yang dimiliki ASUS. Berikut perjlanan beberapa laptop dua layar yang dimiliki ASUS:

1. ASUS Zenbook Pro 14 (UX480)

Sebelum menciptakan laptop dua layar seperti sekarang ini, ASUS pertama kali berinovasi melalui laptop screenpad yang ada pada ASUS Zenbook Pro 14 (UX480). Laptop ini dilengkapi dengan screenpad berupa layar yang terletak di touchpad. Layar berukuran touchpad ini dapat digunakan sebagai layar kedua.

Kamu bisa menggunakan screenpad ini untuk berbagai kebutuhan pekerjaan, misalnya untuk memutar musik hingga menonton video. Tampilan pada screenpad ini juga bisa dipindahkan ke layar utama dan sebaliknya.

Screenpad ini memiliki tampilan 5,5 inci FHD dengan aspek rasio 1920 x 1080 pixel Super IPS+ dengan teknologi wide view 178 derajat. Pada layar touchpad ini juga dilapisi dengan kaca untuk pemindai sidik jari.

2. ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402)



Tidak puas dengan laptop dengan screenpad, ASUS menghadirkan laptop dengan dua layar yang lebih lebar yakni setengah dari keyboard laptop dalam ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402). Layar kedua dari laptop ini dapat digunakan sebagai tambahan untuk membuka aplikasi yang tidak cukup dibuka di layar utama. ASUS menyebut layar kedua ini sebagai ScreenPad™ Plus.

Kehadiran ScreenPad™ Plus ini akan memberikan pengalaman baru dan berbeda yang terasa saat menggunakan laptop ini. Buat orang yang sering multitasking ketika bekerja, kehadiran ScreenPad™ Plus sangat membantu karena bisa digunakan untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan.


3. ASUS Zenbook 17 Fold OLED (UX9702)



Jika kamu berpikir teknologi fold hanya ada pada smartphone, kamu wajib berkenalan dengan ASUS Zenbook 17 Fold OLED (UX9702). Jika pada ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402) menghadirkan layar kedua berukuran lebih kecil dari layar utama, pada ASUS Zenbook 17 Fold OLED (UX9702) menghadirkan dua layar yang berukuran sama dan kamu bisa membuatnya jadi satu layar yang dua kali lebih luas.

Bisa dibilang ini adalah laptop lipat yang akan memberikan pengalaman berbeda saat kamu menggunakannya. Laptop ini memungkinkan penggunanya untuk melepas keyboard dan menjadikan layar laptop selayaknya monitor atau desktop mode.

4. ASUS Zenbook DUO (UX8406)



Setelah menghadirkan laptop fold, ASUS masih belum puas dan menghadirkan laptop yang lebih canggih dari laptop dua layar sebelum-sebelumnya yakni ASUS Zenbook DUO (UX8406). Laptop ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dari laptop dua layar sebelumnya yakni ukuran layar yang sama lebarnya dengan layar utama, dapat digunakan dalam berbagai mode, hingga keyboard yang berukuran penuh dan bisa dilepas-pasang.

Buat pekerja remote sepertiku ini tentunya jadi laptop impianku banget. Dimana lagi bisa menemukan laptop dua layar yang bisa dalam berbagai mode? Laptop ini sangat cocok untuk perempuan yang dalam kehidupannya sering kali berperan ganda.

Nggak usah tunggu lama lagi, agar bisa mengenal lebih jauh laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) dan bagaimana laptop ini akan melengkapi kehidupan perempuan, kamu bisa menyimak penjelasannya di bawah ini:

ASUS Zenbook DUO (UX8406): Dua Layar untuk Perempuan Indonesia





Perempuan sering kali berperan ganda, di rumah sebagai ibu rumah tangga dan di tempat kerja sebagai pekerja. Untuk mendukung peran ganda perempuan, laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) hadir sebagai laptop dengan dua layar. Bayangkan, dengan adanya laptop DUO ini, perempuan bisa melakukan pekerjaan mereka yang super multitasking dengan mudah.

Seperti apa kecanggihan yang dimiliki oleh laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Dua Layar, Dua Kali Lebih Produktif


“Kadang-kadang Anda harus menjadi cantik dan buas.” (Nicki Minaj)


Selain sering kali berperan ganda, perempuan nyatanya juga menghadapi banyak tuntutan. Seorang perempuan harus menjadi cantik dan buas (berani) secara bersamaan. Cantik ini berlaku ketika berpenampilan, buas (berani) ketika sedang menghadapi tantangan, baik di lingkungan atau pekerjaan. Sebagai perempuan, menghadapi semua tuntutan ini bukan sesuatu yang mudah. Untungnya saat ini ada teknologi canggih dua layar yang ada di laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) dimana bisa membuat pekerjaan perempuan jadi lebih mudah.

Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) hadir sebagai laptop dua layar terbaik di tahun 2024. Nggak nanggung-nanggung, dua layar pada laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) dilengkapi dengan dua layar sentuh OLED berukuran penuh.

Kedua layar laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) mengusung teknologi ASUS Lumina OLED yang telah tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, dan memiliki color gamut 100% DCI-P3. Spesifikasi layar ini digunakan untuk memastikan reproduksi warna terbaik dan akurat.

Layar tersebut juga telah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 500 dan mendukung teknologi touchscreen sehingga dapat digunakan bersama dengan stylus ASUS Pen 2.0 yang dapat memberikan input secara presisi.

Layar lumina OLED ganda ini memiliki resolusi 3K 120Hz, dimana ketika kamu membuka DUO layar laptop ASUS ini, kamu bisa menikmati laptop dengan layar 19,8 inci secara instan. Untuk perempuan yang selalu dituntut multitasking, laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) tentunya menjadi pilihan terbaik.

Dengan laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini perempuan bisa effortless dan lebih hemat energi. Misalnya ketika kamu ingin membuka banyak aplikasi dan layar terasa penuh, kamu tinggal gunakan layar kedua dan masalah selesai.

Dengan kemudahan ini, perempuan bisa tampil buas saat bekerja tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. So, bisa tetap cantik di saat bersamaan.

Desain Elegan, dan Berkelas


“Wanita itu luar biasa, berkelas, dan kuat. Kita dapat mencapai apa pun yang kita tetapkan dalam pikiran kita.” (Anonim)

Menjadi elegan dan berkelas adalah impian setiap perempuan. Meski cara berpikir adalah kekuatan seorang perempuan, namun penampilan tetap jadi bagian penting yang tidak boleh diabaikan. Perempuan harus bisa berpenampilan dengan elegan dan berkelas, yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Sama halnya seperti perempuan yang dituntut berpenampilan elegan dan berkelas, laptop zaman sekarang juga menghadapi tuntutan yang sama. Desain jadi bagian penting yang akan dipertimbangkan pengguna. Saat ini pengguna membutuhkan laptop dengan desain yang tipis, ringan, namun tetap tidak kehilangan kesan elegan dan berkelasnya.

Laptop tersebut adalah ASUS Zenbook DUO (UX8406). Laptop ini memiliki ketebalan hanya 14,6 mm dengan berat hanya 1,35 kg. Dengan dua layar dan keyboard portabel, dimana lagi ada laptop yang tetap tipis dan ringan seperti ini?

Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) jelas bukan laptop biasa karena selain dibekali dua layar 14-inci, keyboard laptop ini juga dapat dilepas dan dilengkapi penyangga khusus sehingga mudah untuk digunakan.

Tampil sebagai laptop Intel® Evo™ Edition, Zenbook DUO (UX8406), ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini mudah dibawa kemana-mana dan juga mendukung untuk berbagai pekerjaan.

Dengan desainnya yang elegan dan bobotnya yang ringan, perempuan bisa membawanya dengan mudah dan tetap berkelas meski harus membawa laptop bertenaga super kemana-mana.

Versatile Mode: Keajaiban Lima Mode Layar 


"Para wanita seharusnya jangan pernah takut untuk menjadi pintar." (Emma Watson)


Dimana lagi ada laptop dengan layar serbaguna? Tidak hanya satu atau dua mode layar tetapi kamu bisa menggunakan laptop ini dalam 5 (lima) mode layar. Iya, tidak salah lagi, lima mode layar. Kamu bisa menggunakan layar laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini seperti menggunakan laptop saat bepergian hingga menghadirkan layar besar dalam bentuk ultraportabel.

Apa saja 5 (lima) mode dari laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini?

1. Dual-screen mode (dengan Bluetooth keyboard)


Mode dual-screen (dengan Bluetooth keyboard) adalah mode dimana kamu menggandakan layar laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) dengan penggunaan keyboard terpisah. Mode ini akan memudahkan kamu ketika ingin mengerjakan hal lain di layar yang berbeda.

Dengan mode ini kamu dapat menghilangkan kebutuhan untuk terus berpindah tab atau jendela dan mendukung tetap fokus dengan pekerjaanmu.

2. Dual-screen mode (dengan virtual keyboard)


Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga bisa digunakan dengan mode dual-screen lainnya yakni dengan virtual keyboard. Virtual keyboard ini bagaimana sih?
Ini adalah mode ketika layar laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) menampilkan keyboard virtual. Jadi, ini bukan benar-benar keyboard namun keyboard yang muncul di atas layar laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406).

Menarik sekali bukan? Kapan lagi kamu bisa menikmati mengetik di atas keyboard virtual kalau bukan di ASUS Zenbook DUO (UX8406)?

3. Sharing mode


Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga dapat digunakan dalam sharing mode. Di sini kamu dapat membagikan konten dengan mudah saat sedang presentasi atau rapat. Ada dua layar, jadi bisa digunakan oleh kamu dan rekan kerjamu yang ada di hadapanmu.

Buat ibu pekerja, ini juga sangat cocok. Ibu bisa bekerja sambil menjaga anak. Anda dapat membagikan laptop dengan anak yag ada di hadapanmu. Jadi, apa yang ditonton anak juga bisa dikontrol, dengan kamu juga tetap bisa bekerja tanpa harus terpisah jarak dengan anak.

4. Laptop mode



Ingin menggunakan laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) dengan mode laptop biasa? Tentu bisa! Kamu tinggal meletakan keyboard dan touchpad Bluetooth ASUS ErgoSense ke layar bawah dan dapatkan pengalaman menggunakan laptop seperti biasanya.

Ini bisa menjadi pilihan ketika sedang ada di luar rumah atau saat sedang perjalanan. 

5. Desktop mode


Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) adalah laptop yang sempurna untuk penulis, programmer, dan peneliti-- begitu yang tertulis di website ASUS. Ini benar sekali, sebagai seorang penulis aku sangat setuju. Kapan lagi aku bisa menggunakan laptop dalam mode desktop ini?

Kamu bisa menggunakan laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) dalam mode desktop yakni satu layar penampilkan apa yang sedang kamu kerjakan dan satu layar menampilkan referensi. Ini sangat membantu buat perempuan yang selalu dituntut untuk multitasking.

Dengan semua mode yang dimiliki ini, laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini kurang pintar apa lagi?

Performa Super Ditenagai AI



"Women of worth buat aku adalah wanita yang sukses yang jalanin perannya sebagai ibu, istri, sekaligus menjadikan dirinya berarti buat orang lain." (Dian Sastrowardoyo)


Bagaimana kesanmu ketika mendengar laptop yang ditenagai oleh AI? Saat aku mendengar ada laptop yang ditenagai AI, aku langsung berseru ini laptop impianku. Aku segera memasukannya ke daftar laptop impianku.

Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) adalah laptop yang memiliki terobosan teknologi terbaru yakni ditenagai oleh AI. Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) adalah laptop AI yang memiliki dua layar bersertifikasi Intel® Evo™ Edition dengan dibekali prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru. Prosesor Intel® Core™ Ultra dilengkapi NPU atau Neural Processing Unit yang akan bertugas memproses aplikasi dengan AI.

Dengan dukungan tenaga AI ini, semua aplikasi dan fitur dapat dijalankan secara baik tanpa harus menguras daya yang berlebihan. Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga dilengkapi prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H yang telah dibekali chip grafis Intel® Arc™. Untuk RAM dan penyimpanan, laptop ini memiliki dilengkapi RAM 16GB LPDDR5X dan 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD.


Ini membuat laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) mampu menghadirkan performa hingga dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel® generasi sebelumnya. Chip grafis Intel® Arc™ ini juga telah didukung berbagai teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine.

Di laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406), Intel® Arc™ tidak hanya dapat mengakselerasi pemrosesan grafis, tetapi juga video encoding. Bagi konten kreator sepertiku ini adalah dukungan super yang membuatku nggak perlu khawatir laptop akan bermasalah saat menggunakannya.

Desain Keyboard Detachable


“Kamu menciptakan kecantikan dengan sikapmu, kamu membuat kesan dengan perilakumu, kamu membuat pernyataan dengan keanggunanmu, dan kamu berteriak dengan tindakanmu.” (Sophia Elemara)


Laptop dengan laptop bisa dilepas-pasang, emang ada? Ada dong di laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406). Laptop canggih ini dilengkapi dengan keyboard detachable atau bisa dilepas. Untuk pengisian dayanya, keyboard laptop ASUS ini dapat mengisi daya secara otomatis saat laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) digunakan pada Laptop Mode, yakni ketika keyboard dipasangkan secara langsung ke bodi laptop.

Desain laptop detachable ini memudahkan penggunanya untuk dibawa kemana-mana. Kamu bisa mengisi daya saat menggunakan Laptop Mode dan ketika keyboard dilepas, secara otomatis akan beralih menggunakan koneksi Bluetooth.

Laptop terbaik ini juga dilengkapi dengan keyboard Bluetooth ASUS ErgoSense dengan dukungan touchpad terintegrasi, engsel layar yang dapat dibuka hingga 180°, serta kickstand (penyangga) terintegrasi yang memungkinkan lima mode penggunaan yang fleksibel.

Tidak cukup sampai di situ, laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini juga memiliki fitur-fitur lainnya, yakni:

1. Full-size key pitch 19,05 mm


Dimana keyboard memiliki jarak tombol berukuran penuh 19,05 mm yang sama seperti keyboard desktop. Ini pastinya akan memudahkan untuk setiap pekerjaan karena terasa nyaman dan akurasi pengetikan yang luar biasa

2. Dished key caps 0.3 mm


Keyboard didesain dengan kelengkungan 0,3 mm pada permukaan tombol. Desain ini dirancang menyesuaikan bentuk ujung jari sehingga saat mengetik bisa menyentuh titik ideal tombol keyboard.

3. Long key travel 1,4 mm


Keyboard didesain memiliki jarak ketinggian 1,4 mm sehingga untuk mengetik tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga.

4. Quiet operation


ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini dilengkapi dengan keyboard senyap ErgoSense terbaru dengan menggunakan mekanisme scissor-key yang dapat meminimalisi kebisingan dan renosansi. Dengan begitu, saat menggunakannya bisa mendapatkan ketenangan, baik oleh pengguna atau orang sekitarnya.

Elegant and Stylist Sleeve


 “Jadilah wanita pemimpin, Percaya diri dan berani. Tidak takut apa pun.” (Shilpa Negi)


Bosan dengan mode-mode yang sudah dijelaskan di atas? Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini masih bisa menggunakan mode lainnya yakni mode sudut pandang 12° dengan adanya sleeve dari laptop ini. Selain bisa digunakan untuk mode sudut pandang 12°, sleeve ini juga bisa digunakan untuk menyimpan laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini. Gimana, jadi tambah elegan dan stylist bukan?

Dengan tambahan mode ini, laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini akan membuat penggunanya tampil percaya diri. Termasuk ketika harus membawa laptop ini rapat di luar kantor atau bekerja dari public space, dengan tambahan sleeve ini bisa menunjukan kesan mahal pada laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini.

Pencil Drawing on Laptop


"Saya tidak akan membatasi diri hanya kerena orang tidak akan menerima kenyataan bahwa saya bisa melakukan sesuatu yang lain.” (Dolly Parton)

Sebagai seorang penulis konten dan blogger, aku tidak ingin membatasi diri. Aku ingin memiliki skill tambahan yang akan mendukung pekerjaanku. Atas dasar inilah, di tahun 2020 aku mulai belajar ilustrasi dan impianku sejak saat itu adalah memiliki laptop yang bisa digunakan untuk menggambar. Kebutuhanku akan laptop untuk bekerja adalah hal mutlak dan akan merepotkan jika aku harus membeli perangkat lain untuk menggambar.

Jika ada satu laptop tapi bisa menjangkau semua, kenapa harus membeli banyak perangkat? Nah, laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini menjawab impianku dengan menghadirkan laptop layar sentuh yang telah dilengkapi pencil drawing di dalam laptopnya.

Pencil drawing ini memiliki sensitivitas  4096 pressure level. Level sensitivitas ini membuat ASUS Pen 2.0 3 dapat mereproduksi goresan garis dan bayangan terbaik secara akurat. Gimana nggak impianku banget kalau spesifikasi drawing pencil aja semantap ini.

Pengalaman Baru dalam Windows 11


"Tidak ada batasan untuk kita, sebagai wanita, mencapai apapun." (Michelle Obama)

Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) telah dilengkapi dengan Windows terbaru yakni Windows 11. Dengan penggunaan Windows 11 ini kamu akan mendapatkan pengalaman baru menyelesaikan pekerjaan dengan mudah, cepat, dan menyenangkan.


Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan.

Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.

Ya, hari gini pekerjaan masih ribet karena urusan operting system yang digunakan? Udah nggak jaman!

Smartphone-like Gesture Control


"Tindakan perempuan diilhami hidup sehari-hari, langkahnya panjang sebab tak hanya mengurus diri sendiri." (Najwa Shihab)

Ingin menikmati pengalaman menggunakan laptop seperti halnya menggunakan smartphone? ASUS Zenbook DUO (UX8406) mewujudkannya dalam fitur Smartphone-line Gesture Control. Fitur ini akan memberikan kenyamanan di ujung jari pengguna laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406).

Berikut beberapa bagian dari fitur Smartphone-like Gesture Control

1. Virtual Keyboard



Sebelumnya telah dijelaskan bahwa laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini memiliki virtual keyboard dimana bisa menampilkan keyboard di atas layar. Kamu bisa memunculkan virtual keyboard ini dengan cara tap menggunakan 6 (enam) jari, maka virtual keyboard dan virtual touchpad akan muncul di layar.

2. Easy-Access Tools




Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini menghadirkan easy-access tools dengan cara swipe ke bawah dengan 6 (enam) jari untuk menampilkan panel utilitas praktis, seperti tulisan tangan, Quick Key, Control Panel, dan Number Key. Selain dengan 6 (enam) jari, fitur ini juga dapat dikontrol dengan 2 (dua) jari.

3. Virtual Touchpad



Selain virtual keyboard, laptop ini juga dilengkapi dengan virtual touchpad yang dapat dimunculkan dengan cara tap 3 (tiga) jari pada panel kedua. Mudah sekali, bukan?

4. Easily Expand to Full Screen




Ingin memaksimalkan layar hingga berukuran penuh? Bisa banget! Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini dilengkapi dengan easily expand to full screen dimana kamu dapat memaksimalkan layar hingga mode full screen. Caranya pun gampang, cukup swipe ke arah luar dengan 5 (lima) jari dan kamu akan mendapatkan mode full screen di dua layar.

5. Assign Windows to Your Preferred Screen



Ingin membagi layar ke dalam beberapa bagian? Misalnya saat kamu ingin membuka berbagai aplikasi secara bersamaan? Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) bisa mewujudkannya. Cukup seret aplikasi ke icon App Switcher untuk meluncurkan aplikasi, kemudian pilih layar defaulnya.

Advance Cooling System yang Super Canggih


"Kesuksesan setiap wanita harus menjadi inspirasi bagi yang lain. Kita menjadi kuat saat kita saling menyemangati." (Serena Williams)

Hari gini masih khawatir laptop panas saat digunakan? Dengan ASUS Zenbook DUO (UX8406), kamu tidak perlu mengkhawatirkan laptop akan panas saat digunakan. Ini karena laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) telah dilengkapi dengan advance cooling system super canggih dengan cara menambahkan penyebar panas antara motherboard dan panel OLED.

Ini merupakan bagian dari sistem pendingin canggih, yang memungkinkan CPU dan GPU bekerja pada TDP gabungan hingga 35 W. Dengan spesifikasi anti panas ini, perempuan bisa mendapatkan dukungan penuh untuk setiap pekerjaan dan mencapai kesuksesan ada di depan mata.

Konektivitas: All Ports You Need


“Seorang wanita dengan kelas tidak lekang oleh waktu.” (Anonim)

Tidak semua laptop tipis memiliki port yang terbatas. Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini membuktikan bahwa laptop tipis juga masih bisa memiliki port yang memadai. Apa saja port yang dimiliki oleh ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini?

  • USB 3.2 Gen 1 Type-A, yang hingga saat ini masih digunakan untuk berbagai kebutuhan pekerjaan.
  • Thunderbolt™ 4 USB-C, yang bisa menyambungkan laptop dengan smartphone terkini. 
  • Power delivery berdekatan dengan tombol on dan tombol off.
  • HDMI 2.1 (TMDS) yang dapat digunakan untuk presentasi offline.
  • 3.5mm Combo Audio Jack untuk disambungkan ke earphone untuk pengalaman mendengarkan musik, menonton film dan video lebih santai dan menyenangkan.

13+ Non Stop Beterai


"Seorang wanita bisa kuat bukan karena ia tidak takut, tetapi karena ia bertahan dengan sangat kuat meskipun merasa takut." (Atticus)

Sebagai pekerja remote yang harus menggunakan laptop selama 8 jam per hari (sering lebih), aku sering mengkhawatirkan gimana kalau tiba-tiba mati listrik dan laptop belum dicas? Jika ini terjadi pasti pekerjaanku akan sangat terganggung. Nah, laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) menjawab permasalahanku ini dengan solusi baterei yang bisa digunakan lebih dari 13 jam non stop.


Serius? Ya. Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini dilengkapi dengan baterai 75Wh. Kapasitas baterai ini ketika digunakan untuk pemutaran video dalam single screen bisa bertahan 13,5 jam dan dalam dual screen dapat bertahan hingga 10,5 jam.

Sedangkan untuk mode modern office, ASUS Zenbook DUO (UX8406) dapat bertahan selama 8,8 jam dalam single screen dan 8 jam ketika dual screen.

Jadi, buat pekerja remote sepertiku, nggak perlu khawatir baterai habis saat mati listrik karena baterai laptop ini dapat bertahan untuk bekerja seharian.

Smart Conferencing dengan Kamera ASUS AiSense


“Kamu menciptakan kecantikan dengan sikapmu, kamu membuat kesan dengan perilakumu, kamu membuat pernyataan dengan keanggunanmu, dan kamu berteriak dengan tindakanmu.” (Sophia Elemara)

ASUS Zenbook DUO (UX8406) memberikan pengalaman panggilan video terbaik dengan menghadirkan kamera ASUS AiSense dengan Windows Studio Effect yang akan mematiskan penampilan terbaik saat konferensi virtual. Beberapa fitur yang dimiliki kamera ASUS AiSense ini antara lain:

  • Background blur: ini dapat melindungi privasi saat kamu melakukan panggilan video di rumah.
  • Eye-contact correnction: dimana kamera ASUS dapat mendeteksi gerakan mata dan menyesuaikan pandangan sehingga tampak seperti sedang menatap layar.
  • Automatic framing: dimana dapat mendeteksi gerakan dan mengikuti gerakan ketika kamu bergerak. Jadi, tidak perlu khawatir tidak tertangkap kamera karena bergeser saat video meeting.
  • ASUS 3DNR: merupakan teknologi ASUS 3D Noise Reduction (3DNR) yang secara signifikan dapat meningkatkan kejernihan gambar webcam untuk panggilan konferensi yang lebih jelas.
Masih kurang? Sebagai penyempurna, laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) dapat mengurangi kebisingan dengan Two-Way AI Noice Concelation yang dapat memastikan hanya suara di depan laptop yang dapat didengar. Mantap banget, kan?

Perlindungan Privasi Masa Kini


"Jangan pernah membuat keputusan berdasarkan rasa takut. Membuat keputusan berdasarkan harapan dan kemungkinan. Buatlah keputusan berdasarkan apa yang seharusnya terjadi, bukan apa yang tidak seharusnya terjadi." (Michelle Obama)

Bagaimana cara ASUS Zenbook DUO (UX8406) melindungi privasi penggunanya? Bukan lagi dengan kata sandi, laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) menggunakan pelindung privasi kamera dan login wajah yang cepat dan tidak lagi memerlukan kata sandi.



Kamu juga dapat melakukan unlock secara instan dengan dukungan kamera Windows Hello Infrared (IIR). Untuk kaum perempuan, teknologi ini dapat melindungi privasi dengan baik. Kaum perempuan tidak perlu khawatir akan ada yang menyalahkan data-datanya, entah itu data pekerjaan atau data keluarga yang tersimpan di laptop. Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) menjamin kemanan privasi tersebut.

Kualitas Suara Terbaik

"Seorang wanita dengan suara, menurut definisi, adalah wanita yang kuat." (Melinda Gates)


Soal kualitas suara, laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) tidak perlu diragukan lagi. Laptop ini akan memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih baik dan juga menyenangkan. Ini karena adanya smart amplifier dan juga ASUS Audio Booster. Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga didukung oleh Dolby ATMOS dan sound by harman/karbon yang membuat suara dari laptop ini benar-benar sempurna.

Standar Militer


"Jangan pernah meminta maaf karena telah menjadi wanita yang kuat." (Anonim)

Laptop ASUS telah memenuhi standar militer MIL-STD 810H 20 yang dapat dijamin dalam hal keandalan dan juga daya tahannya. Standar militer ini telah melewati serangkaian pengujian yang dilakukan dengan cara mengoperasikannya di lingkungan yang keras.

Mulai dari pengujian di temperatur tinggi, pengujian di temperatur rendah, shock test, pengujian terhadap guncangan, dan pengujian ketika berada di ketinggian. Dengan lolosnya laptop ASUS ini membuktikan bahwa laptop ini siap bertahan di berbagai situasi dan keadaan. Jadi, sebagai pengguna, kita bisa bekerja dengan nyaman dan tenang.

Gimana, kesanmu selama berkenalan dengan laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini? Apakah kamu juga menjadikan laptop ini sebagai laptop idamanmu seperti halnya aku?


Asus Zenbook DUO

Berikut spesifikasi lengkap dari ASUS Zenbook DUO (UX8406)



Bersama ASUS Zenbook DUO (UX8406), Aku Bangga Menjadi Perempuan Indonesia


Tidak ada yang tidak mungkin untuk setiap impian perempuan. Sebagai perempuan yang datang dari keluarga biasa-biasa saja dan tinggal di desa, keberadaan teknologi berhasil membuatku meraih impianku. Dengan laptop ASUS dan juga jaringan internet yang telah merata sampai pelosok desa, aku bisa bekerja dan terus mengembangkan diri.

Dengan adanya laptop seperti ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini, beberapa hal yang awalnya mustahil menjadi sangat mungkin, seperti:

  • Aku bisa bekerja dari mana saja tanpa takut laptop yang kugunakan akan lemot.
  • Dengan adanya berbagai pilihan mode, aku bisa menyesuaikan mode ini sesuai tempat aku berada. Ketika di rumah misalnya, aku bisa menggunakan mode desktop dan ketika sedang di perjalanan bisa menggunakan mode laptop.
  • Aku yang sedang belajar ilustrasi mendapat dukungan dari pencil drawing dan layar sentuh.
  • Perlindungan privasi dari laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ketika sedang meeting online.

Dengan semua kemudahan tersebut, aku bisa mewujudkan satu per satu impianku. Jika aku bisa mewujudkan impianku dan menjalani hidup seperti yang selama ini aku harapkan, aku yakin perempuan Indonesia lainnya juga bisa.

Memang menjadi perempuan Indonesia itu nggak mudah. Ada hal-hal berat yang harus kami tanggung, seperti tuntutan dan nyinyiran tetangga karena belum sama seperti perempuan lain. Tapi itu bukan alasan untuk memenjarakan diri sendiri.

Di sisi nggak enaknya jadi perempuan Indonesia, aku tetap bangga telah terlahir sebagai perempuan Indonesia dan aku ingin memberikan dukungan kepada perempuan Indonesia untuk lebih berani dalam berpikir, bermimpi, dan berekspresi melalui karya-karya yang aku ciptakan.





Sumber dan referensi:

  • https://www.asus.com/id/laptops/for-home/zenbook/asus-zenbook-duo-2024-ux8406/
  • https://www.asus.com/laptops/for-home/zenbook/zenbook-pro-14-ux480/
  • https://www.asus.com/id/laptops/for-creators/zenbook/zenbook-pro-14-duo-oled-ux8402/
  • https://www.asus.com/laptops/for-home/zenbook/zenbook-17-fold-oled-ux9702/
  • https://komnasperempuan.go.id/siaran-pers-detail/siaran-pers-komnas-perempuan-tentang-peluncuran-catatan-tahunan-kasus-kekerasan-terhadap-perempuan-tahun-2023/
  • https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6607680/30-quotes-hari-perempuan-internasional-2023-yang-penuh-semangat-dan-motivasi
  • https://kumparan.com/inspirasi-kata/20-kata-kata-wanita-berkelas-yang-penuh-motivasi-1zssf9LOh7X/1
  • Pengalaman pribadi
  • Foto ASUS Zenbook DUO (UX8406) dari https://channel.asus.com/#/index/ExternalLink?code=f1668629d39e42ea83e14d917c798d6d
  • Foto, ilustrasi, dan dokumen pribadi
  • Edit dengan Procreate dan Canva oleh Desi Murniati
  • Edit icon dari https://www.iconfinder.com/

Get notifications from this blog

1 comment

  1. Wah detail sekali penjelasannya mbak, saya suka, apalagi pembahasannha bisa dikaitkan dengan perempuan, keren mbak 😁
    Btw semoga impiannya segera terwujud ya, semangat 😄

    ReplyDelete