√ Ingin Mencintai Diri Sendiri? Yuk Lakukan Beberapa Cara Ini - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Sunday, September 5, 2021

Ingin Mencintai Diri Sendiri? Yuk Lakukan Beberapa Cara Ini

Mencintai diri sendiri atau dalam bahasa Inggris love your self merupakan sesuatu yang keliatannya simpel dan gampang, tapi kenyataannya nggak semudah itu. Seperti yang pernah aku bilang dalam artikel Love Self dan Pancarkan Kecantikan dari Dalam, salah satu alasan kita susah mencintai diri sendiri adalah karena kita butuh cermin buat bisa melihat diri sendiri.


Bahkan niatan awal bercermin untuk melihat kelebihan diri sendiri, justru malah akhirnya yang keliatan kekurangan diri sendiri. Aku sendiri berjuang untuk menerima dan mencintai diri sendiri sejak umur 13 tahun. Bagaimana aku meredam keinginan-keinginan untuk memusnahkan diri sendiri dan berkali-kali mengatakan aku layak hidup di dunia ini.

Kurasa aku nggak sendirian. Teman-Teman pasti juga banyak yang telah dan sedang berjuang untuk menerima dan mencintai diri sendiri. Terima kasih buat Teman-Teman yang telah berjuang sejauh ini. Kalian hebat sudah berjuang dan berusaha mencintai diri sendiri.

Kenapa sih kita perlu mencintai diri sendiri bahkan bisa dibilang mencintai diri sendiri ini lebih penting dari mencintai seseorang atau suatu benda? Buat kamu yang ingin tahu, yuk simak penjelasan di bawah ini:


mencintai diri sendiri



Mencintai Diri Sendiri Itu Apa Sih?


Sebelum membahas lebih lanjut terkait pentingnya mencintai diri sendiri dan cara mencapainya, sebenarnya mencintai diri sendiri itu apa sih? Menurut beberapa sumber seperti Kompas, mencintai diri sendiri diartikan sebagai perasaan bangga dan percaya dengan kemampuan diri sendiri.

Tapi lebih dari itu, menurutku mencintai diri sendiri artinya mampu menerima diri sendiri dan tidak menghakimi diri sendiri ketika melakukan kesalahan atau gagal. Nggak berlarut-larus menyalahkan diri sendiri dan mampu menerima bahwa diri sendiri adalah manusia yang bisa salah dan gagal.

Buat aku pribadi, buat nggak menyalahkan diri sendiri atas kegagalan atau kesalahan dalam hidup itu cukup sulit. Bahkan sebelum aku bisa menyalahkan orang lain atau keadaan, aku sudah terlebih dahulu menyalahkan diri sendiri. Kenapa aku harus terlibat? Kenapa aku sesial itu sih?

Orang yang mencintai diri sendiri bukan berarti sudah tidak mengalaminya, tapi lebih bisa menerima bahwa dia juga manusia yang bisa salah atau gagal. Dibandingkan berlarut-larut, dia lebih memilih untuk bertanggung jawab dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Selain itu, love your self juga dapat diartikan dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ia memiliki. Ia akan memaksimalkan kelebihan yang ia miliki dan terhadap kekurangannya, ia akan menerimanya jika memang kekurangan itu tidak dapat diperbaiki dan jika bisa diperbaiki ia akan berusaha memperbaikinya sehingga ia bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Alasan Pentingnya Mencintai Diri Sendiri


Kenapa sih kita harus love your self dan apa pengaruhnya ke kehidupan kita dengan love your self ini? Ada banyak alasan kenapa cinta ke diri sendiri ini penting, tapi menurutku alasan paling kuat adalah karena kita hidup hanya sekali dan kita nggak akan pernah bisa meninggalkan diri sendiri.

Sebenci apapun kamu sama diri sendiri, kamu akan terus terikat dengan diri sendiri. Kamu akan tetap menjadi kamu, bahkan hingga kamu meninggal. Jadi, nggak ada pilihan lain selain membuat dirimu mencintai dirimu sendiri.

Konsep ini aku temukan saat masih duduk di bangku SMP. Bisa dibilang saat itu masa-masa paling membuatku benci sama diri sendiri. Bahkan aku menulis novel saat itu dengan tujuan agar aku bisa menjadi orang lain, meski hanya di dalam cerita. Sampai akhirnya aku menyadari aku nggak akan bisa lepas dari diri sendiri.

Misalnya aku memutuskan percobaan bunuh diri, aku yang akan merasakan rasa sakit itu. Jika aku memperbaiki diri sendiri dan berbahagia, aku juga yang akan merasakan dampak positifnya. Sejak saat itu aku mencoba menerima diri sendiri dan fokus dengan kemampuan yang saat itu yang ada dalam diriku yang tidak dimiliki banyak orang yaitu menulis.

Setelah belasan tahun berlalu, aku belum berhasil sepenuhnya menerima diri sendiri tapi jika dibandingkan dulu, saat ini aku jauh lebih menerima diri sendiri. Aku lebih bisa menikmati hidup dan yowes ketika terjadi sesuatu dalam hidupku. Bahkan ketika teman-teman seusiaku sudah memiliki pasangan hidup, aku fine-fine aja ketika belum ada seseorang yang mencintaiku sepenuh hati, wkwk.

Dibandingkan menggantungnya diri dari cinta orang lain ke aku, aku lebih memilih fokus agar aku layak dicintai oleh diri sendiri dan orang-orang disekelilingku. Jika banyak orang merasa kesepian ketika nggak punya pacar, aku yang belum pernah pacaran tetap merasa baik-baik saja. Aku punya diri sendiri yang bisa diandalkan dan lebih dari itu aku punya bakal hal yang bisa kulakukan untuk membahagiakan diri sendiri, hehe.

Bagaimana Cara Mencintai Diri Sendiri?


mencintai diri sendiri

Setelah membahas pengertian dan alasan pentingnya love your self, lalu bagaimana cara mencintai diri sendiri ini? Sebenarnya cara love your self ini nggak banyak, kok. Kamu cukup bisa menerima diri sendiri dan menghargai apa yang kamu miliki, atau bisa jadi kamu bangga dengan diri kamu saat ini.

Tapi kenyataannya buat mencapai itu semua nggak mudah. Jadi, buat kamu yang lagi berjuang love your self kamu bisa menggunakan beberapa cara ini:

1. Ketahuilah bahwa kamu manusia biasa yang nggak sempurna, jadi misalnya melakukan kesalahan atau gagal, it's
okay
 semua orang juga pernah merasakannya.

2. Temukan apa yang membuatmu beda dari orang lain. Cara menemukannya gimana? Coba banyak hal, lalu eleminasi satu per satu yang tidak benar-benar kamu inginkan. Dari sini kamu bisa menemukan power of your life.

3. Fokus. Aku sering banget menemukan atau berbincang orang yang suka nulis tapi banyak di antara mereka hanya sebatas 'suka nulis'. Biasanya ini karena mereka emang sebatas suka atau karena kurang fokus. Jadi, buat kamu yang ingin menemukan passion atau kekuatan diri ya kudu fokus, karena melakukan satu hal lebih mudah jika dibandingkan melakukan banyak hal secara bersamaan.

4. Tanya ke diri sendiri: KAMU INGIN MENJADI APA DI MASA DEPAN. Jadi, ini lebih kayak cita-cita gitu. Ketika kamu tahu apa yang kamu inginkan, kamu bakal tau apa tujuan kamu dan ketika kamu berhasil menggapainya, kamu akan lebih menghargai diri sendiri.

5. Pikirkan segala sesuatu sebelum bertindak. Kamu kudu tahu segala sesuatu punya konsekuensi dan wajib dipertanggungjawabkan. Jadi, pastikan kamu memikirkannya sebelum bertindak. Pikirkan dampak, konsekuensi, hingga ada penyesalan atau tidak kedepannya sebelum mengambil suatu keputusan.

6. Hargai diri sendiri dan jangan menentang norma masyarakat. Aku beberapa kali menemukan orang yang kritik betapa kolotnya masyarakat Indonesia karena nggak open mind dengan perempuan yang memilih bebas berpakaian dan bertindak. Ya, gimana ya kita kan hidup di masyarakat dan masyarakat itu cangkupannya lebih besar dari kita sendiri. Mau nggak mau kita harus mengikuti norma yang mereka miliki kalau mau diterima dan dihargai.

7. Jangan cepat puas. Terakhir jangan cepat puas. Apapun yang sudah kamu raih dan dapatkan jangan merasa kamu sudah sukses dan over proud dengan diri sendiri. Ketahuilah roda terus berputar dan kita bisa berhasil atau gagal kapan saja. Teruslah memiliki cita-cita dan impian, itu cara terbaik untuk hidup dengan baik di dunia ini.




Get notifications from this blog

1 comment

  1. Saya baru nonton 3 episode pertamanya dan udah langsung suka juga karena dramanya ringan, ada ngakaknya juga... apalagi temanya juga tentang kehidupan di desa ya dan baru episode2 awal aja udah banyak pelajaran yang bisa dipetik ya



    Nah, ini belum lanjutin

    ReplyDelete