√ Ingin Jadi Freelancer, Apa Sih yang Dibutuhkan? - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Wednesday, October 13, 2021

Ingin Jadi Freelancer, Apa Sih yang Dibutuhkan?

freelancer



Freelancer menjadi salah satu pilihan pekerjaan buat kamu yang tidak ingin terikat terhadap satu perusahaan atau instansi. Bekerja secara freelance adalah cara yang paling tepat buat kamu yang menginginkan jam kerja fleksibel.


Kamu bisa kerja setelah bangun tidur, pagi, siang, sore, hingga tengah malam. Klien tidak peduli kapan kamu mengerjakannya, yang terpenting pekerjaan yang ada bisa diselesaikan tepat waktu.


Tapi buat jadi freelancer ini bagaimana sih? Apa saja yang harus dipenuhi agar bisa menjadi seorang pekerja freelance? Buat kamu yang ingin tahu, kamu bisa menyimak beberapa hal yang dibutuhkan untuk jadi seorang freelance:


1. Kemampuan


freelancer


Kemampuan menjadi bagian penting yang harus kamu miliki untuk bekerja sebagai freelancer. Terlebih freelancer memang menjual 'jasa' alias kemampuan yang bisa diberikan kepada orang lain.


Jangan sampai kamu ingin kerja freelance tapi bingung mau kerja apa karena tidak tahu apa kemampuan yang kamu miliki. Klien biasanya lebih memilih freelancer yang memiliki kemampuan dibandingkan yang hanya 'coba-coba'.


Bagaimana pun, klien mengeluarkan biaya untuk suatu pekerjaan, jadi mereka pasti ingin hasil yang maksimal dan juga profesional.


2. Portofolio


Kamu bisa suatu bidang tapi dari mana kamu bisa membuktikan bahwa kamu memiliki kemampuan tersebut? Jawabannya adalah portofolio. Portofolio ini memegang peranan penting karena dari sini kamu bisa membuktikan kemampuanmu.


Semakin banyak dan tinggi jam terbangmu, maka akan semakin meyakinkan klien. Kamu bisa mendapatkan portofolio dengan mengikuti berbagai pelatihan atau buat penulis, menulis di media atau blog bisa menjadi portofolio.


3. Pengalaman


Semakin banyak pengalaman yang dimiliki seorang freelancer, maka klien akan semakin menyukainya. Pengalaman adalah salah satu bukti kamu memiliki kualifikasi yang sepadan dengan harga yang harus dibayarkan oleh klien.


Kamu bisa menuliskan pengalamanmu di CV atau daftar riwayat hidup. Buat yang menjual jasa freelance di platform seperti Fastwork bisa menjelaskan di deskripsi atau bagian penawaran jasa.


4. Kemampuan Menawarkan Diri


Tahukah kamu bahwa freelancer itu sama seperti pedagang? Bedanya adalah jika pedagang yang dijual adalah barang, freelancer yang dijual adalah jasa.


Makanya sangat penting bagi kamu untuk memiliki kemampuan dalam menawarkan diri. Tawarkan apa yang bisa kamu berikan dan pastikan sesuai dengan biaya yang klien bayarkan.


Semakin mahir kamu dalam pitching klien, maka semakin banyak orderan yang akan masuk kepadamu.


5. Relasi


Di jaman sekarang, relasi memegang peranan penting untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Semakin luas relasi yang kamu miliki maka akan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan klien.


Nggak melulu tentang 'orang dalam', relasi ini juga meliputi informasi-informasi yang bisa kamu dapatkan dari seseorang. Semakin banyak relasi yang kamu miliki, maka semakin banyak informasi yang bisa kamu dapatkan.


Tips Menjadi Freelancer bagi Pemula


freelancer


Saat aku masih kuliah aku sempat melamar beberapa pekerjaan freelancer sebagai penulis artikel tapi nggak ada satu pun yang bisa menghasilkan duit. Tapi ketika aku sudah kerja di Kledo, ternyata membuka jasa freelance artikel nggak semudah dulu.


Nah, sebenarnya apa sih yang aku lakukan sampai bisa lebih mudah menjual jasa artikel ini? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan buat freelancer pemula untuk memulai karir sebagai freelancer:


1. Pilih Bidang Freelancer sesuai Kemampuan


Ada banyak bidang yang bisa dipilih oleh freelancer, mulai dari penulisan artikel, desain grafis, pembuatan website, dan lainnya. Sesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki dan mulai pekerjaan freelancer secara profesional.


2. Bangun Portofolio


Seperti yang dijelaskan di atas, portofolio merupakan bagian penting yang harus kamu miliki. Dulu, aku membangun portofolio dengan menulis artikel di Mojok. Kamu juga bisa melakukannya jika kamu memang ingin berkarir sebagai penulis artikel. Untuk desain grafis, kamu bisa memilih platform lain atau bisa juga mengikuti lomba-lomba.


3. Perluas Relasi


Gabung komunitas bisa menjadi cara yang dapat dilakukan untuk memperluas relasi. Ikuti komunitas yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Semakin luas relasi yang kamu miliki, maka semakin besar kesempatan yang bisa kamu dapatkan.


Kesimpulan


Itulah tadi penjelasan mengenai hal-hal yang dibutuhkan untuk menjadi freelancer? Kira-kira kamu sudah memiliki semuanya nggak nih?

Get notifications from this blog