√ Kekuatan Media Sosial dan Dampak Positifnya di Masa Pandemi - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Saturday, October 16, 2021

Kekuatan Media Sosial dan Dampak Positifnya di Masa Pandemi

media sosial



Pandemi berhasil mengubah banyak hal. Aku masih ingat betul, awal tahun 2020 aku 'terpaksa' pulang ke kampung karena sudah nggak ada harapan lagi merantau di kota. Nyari kerjaan susah banget dan rencana awal bangun bisnis craft rasanya udah nggak mungkin. Everything so hard.


Sebagai seorang fresh graduate yang baru mendapatkan gelar sarjana (dari kampung pula) ada beban yang harus aku pikul. Orang-orang kampung tahunya seorang sarjana pasti enak buat dapat kerja. Mereka nggak peduli kalo sarjana juga orang bisa dimana buat dapat kerja juga butuh perjuangan (dan orang dalam, wkwkwk).


Tapi karena aku udah merasakan susahnya hidup di kota tanpa pekerjaan tetap, apapun yang akan aku dapatkan di kampung aku akan menerimanya. Meskipun jadi bully-an tetangga karena udah sarjana tetap nganggur, yo wes. Aku ingat banget saat itu yang aku lakukan adalah tetap bergerak. Aku tetap memacu diriku untuk terus maju, walaupun hidup emang lagi susah-susahnya.


Satu-satunya yang dapat aku lakukan adalah membuka akses kesempatan dari media sosial. Karena sudah pindah ke kampung, aku tahu banget banyak akses yang jadi tertutup buat mengembangkan diri. Nyari pekerjaan di kampung susah banget. Satu-satunya yang bisa aku harapkan ya media sosial dan internet.


Hingga akhirnya nggak sampai satu bulan aku di rumah (yang ada di kampung) aku mendapatkan pekerjaan yang infonya aku dapatkan di media sosial. Bagiku ini salah satu keajaiban yang pernah aku dapatkan selama hidup. Di saat pandemi baru dimulai di Indonesia, I got job. Kabar baiknya lagi, pekerjaan ini bisa dilakukan secara remote dari rumah alias aku nggak perlu mobilitas buat melakukan pekerjaan ini.


This is my dream job. Makanya ketika akan mengikuti lomba menulis ini dan membahas tentang kekuatan media sosial di masa pandemi, aku langsung kepikiran pengalaman mendapatkan pekerjaan impian ini. Nah, selain apa yang pernah aku alami di atas, masih ada dampak positif lainnya dari media sosial lainnya lho. Kira-kira apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!


Dampak Positif Media Sosial, Kamu Sudah Mendapatkan yang Mana


Aku pertama kali kenal media sosial itu di tahun 2010 melalui Facebook. Saat itu aku masih duduk di kelas 10 SMA. Rasanya punya media sosial untuk pertama kalinya tuh asyik banget. Aku inget banget aku sama teman-teman sampai berlomba-lomba punya banyak teman di Facebook.


Lambat-laun keasyikan media sosial ini ternyata makin lama makin luntur. Jika dulu aku berlomba-lomba punya banyak teman di Facebook, justru saat ini aku membatasinya. Ya gimana banyak banget emak-emak kepo dan diem-diem laporin ke orang tua. Daripada aku jadi pake mikir tiap mau upload sesuatu, jadi mending dibatesin aja deh.


Di balik sisi negatif tersebut, sebenarnya ada banyak dampak positif yang diberikan media sosial, apa saja?


1. Media untuk Mendapatkan Relasi


Di masa sekarang relasi memegang peranan yang sangat penting. Semakin banyak kamu mengenal orang, maka semakin banyak kesempatan yang bisa kamu dapatkan. Di masa pandemi seperti sekarang ini, media sosial menjadi salah satu cara untuk mendapatkan relasi ini.


Aku ingat banget, saat awal main Facebook aku gabung dengan komunitas menulis di Facebook dan dari sini aku mendapatkan banyak teman yang suka menulis. Sampai sekarang, mereka masih menjadi teman dan bahkan ada yang sampai ketemu secara langsung ataupun menjadi teman curhat online hingga sekarang. Nggak jarang juga ada yang mengenalkan pada kerjaan baru.


Jadi, buat kamu yang memang aktif di media sosial, pastikan untuk memanfaatkan kesempatan mendapatkan relasi ini. Jangan hanya gunakan media sosial untuk sambat tok, :-).


2. Tempat Jualan


Menjadikan media sosial sebagai tempat jualan pasti bukan sesuatu yang asing lagi. Baik itu Facebook, Instagram, hingga Twitter semuanya menjadi lahan paling pas untuk berjualan secara online. Terlebih dengan fitur-fitur tambahan yang sekarang dimiliki Facebook dan Instagram untuk mendukung bisnis (misalnya fitur Toko di Instagram dan Facebook Marketplace), membuat jualan di media sosial menjadi lebih mudah.


Jadi, jangan sampai kamu menyia-nyiakan semua fitur yang telah diberikan ini. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan raih untuk sebanyak-banyaknya.


3. Gabung Komunitas


Dampak positif ketika yang bisa kamu dapatkan dari media sosial adalah kamu bisa gabung komunitas secara online. Ini sesuai pengelaman yang aku ceritakan di atas. Saat aku masih awal-awal nulis, komunitas menulis di Facebook yang banyak membantuku buat berkembang.


Kamu bisa mencari komunitas sesuai minat kamu, mulai dari komunitas menulis, komunitas investor saham, komunitas investor reksadana, komunitas kerja remote, hingga komunitas pedagang HP juga ada. 


4. Melatih Kemampuan Menulis


Buat aku yang emang bercita-cita menjadi penulis, media sosial adalah wadah terbaik untuk melatih kemampuan menulisku, khususnya sebelum aku memiliki blog pribadi. Nulis di media sosial menurutku lumayan enak dan aku merasa bisa nulis secara bebas di sana.


Buat kamu yang memang suka menulis bisa menjadikan media sosial ini sebagai media untuk mengembangkan kemampuan menulis. Terlebih buat kamu yang memang ingin menjadi seorang blogger, wajib banget melakukannya.


5. Mendapatkan Informasi Terupdate


Dampak positif terakhir yang bisa kamu dapatkan dari media sosial adalaj kamu bisa mendapatkan informasi paling update di media sosial ini. Jika zaman dulu untuk mendapatkan informasi atau kabar terbaru harus membeli atau membaca koran, saat ini di media sosial kamu bisa mendapatkan informasi atau kabar paling update.


Salah satu media yang selalu memberikan informasi paling update adalah Indozone. Indozone merupakan sebuah media yang menyajikan berita, informasi, dan hiburan di media online. Jadi, buat kamu yang ingin terus mendapatkan informasi paling update wajib mengunjungi website Indozone atau ikuti media sosial Indozone.


Get notifications from this blog