√ Tips Aman Traveling yang Wajib Kamu Ketahui - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Friday, September 18, 2020

Tips Aman Traveling yang Wajib Kamu Ketahui

 

tips aman saat traveling

Bagi sebagian orang, traveling merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Kamu dapat menemukan hal-hal baru melalui traveling. Dengan traveling juga kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak didapatkan ketika kamu hanya berdiam diri di rumah. Tapi ternyata nggak semua orang menganggap traveling hal yang menyenangkan. Masih banyak orang yang takut dan ngeri saat traveling dan hanya bisa memandang iri teman-temannya yang sudah kesana-kemari. Biasanya pertanyaan-pertanyaan yang muncul adalah aman nggak sih traveling itu? Bagaimana tips aman traveling yang harus dilakukan?

Meskipun nggak sering, namun saya beberapa kali pernah traveling, baik sendirian ataupun rame-rame dengan teman. Kebingungan saat traveling merupakan hal yang sangat wajar, terlebih buat kamu yang sendirian dan baru pertama kali traveling. Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips aman yan wajib kamu tahu agar traveling yang kamu lakukan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Pastikan kamu baca artikel ini hingga selesai ya!

#1 Kebingungan? Jangan Menangis!

tips aman traveling

 

Menangis karena kebingungan di jalan adalah hal yang harus banget kamu hindari. Jangan sekali-kali melakukan hal ini saat kamu sedang traveling. Sebingung atau setakut apapun dirimu, jangan sampai menunjukan kelemahan dirimu kepada orang lain, terlebih orang yang masih asing. Menangis bisa menjadi celah orang lain untuk berbuat kejahatan kepadamu. Pasti pernah dengar tentang kejahatan terjadi karena ada peluang, kan? Nah, menangis di tengah perjalanan adalah peluang tersebut.

Usahakan tetap tenang sebingung dan setakut apapun kamu saat itu. Sulit, memang. Tapi bisa kok kamu persiapkan diri sebelum perjalanan dengan membayangkan hal-hal buruk yang bisa terjadi dan bagaiman kamu akan menyikapinya. Setelah bisa membuat diri dengan tenang, kamu bisa meminta bantuan kepada orang sekitar yang menurutmu bisa dipercaya. Bantuan yang saya maksud adalah bertanya tentang apa yang menjadi masalahmu dan tetap jangan pasang wajah bingung dan ketakutan. Kecuali kamu memang benar-benar ketakutan, kamu bisa meminta pertolongan orang lain dan mengatakan masalahmu saat itu.

#2 Jangan Percaya dengan Orang Asing

traveling solo

 

Beberapa hari yang lalu saya berbagi kepada teman tentang tips traveling aman dan saya menyebutkan jangan mau diberi makanan oleh orang asing dan teman saya tersebut baru menyadari bahayanya saat saya mengatakannya. Saat berada di tempat yang asing, ingat, tidak ada orang baik tanpa alasan. Bahkan teman-teman, keluarga, berbuat bagi kepada kita karena adanya alasan. Pasti ada alasan di balik perbuatan baik tersebut, entah karena sayang, perhatian, kasihan, tidak enak, atau lainnya. Begitu juga ketika kamu sedang traveling. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru kamu temu. Tidak ada orang baik tanpa alasan. Mungkin bisa saja karena kasihan tapi jangan mudah percaya.

Kenapa sih harus segitu hati-hatinya dengan orang asing? Buat kamu yang sering menonton atau membaca berita pasti pernah mendengar orang yang diberi obat tidur ketika dalam perjalanan atau barang-barang dirampok dan dia dibuang di jalan. Nah, itu terjadi karena dia mudah percaya dengan orang asing. Misalnya, dia mau-mau saja ketika diberi makanan oleh orang asing, padahal siapa yang tahu ada racun atau nggak di makanan tersebut. Begitu juga ada orang yang mau saja diberi tumpangan padahal nggak ada jaminan orang tersebut bakal mengantarkan sampai tempat tujuan.

Meski ada orang baik yang memberikan makanan karena memiliki makanan sisa atau ingin berbagi dengan kamu yang sendirian dan tampak kelaparan, namun jangan langsung memakannya. Terima makanan itu dan simpan. Begitu juga dengan tawaran tumpangan, kamu harus mempertimbangkannya demi keselamatanmu dan kemanan traveling-mu.

#3 Ikuti Peraturan di Tempat Kamu Berada

traveling

 

Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung, bukan? Nah, ini sangat berlaku ketika kamu sedang traveling dan mengunjungi tempat baru. Ada baiknya kamu cari informasi tentang tempat tujuan sebelum berada di tempat tersebut, mulai dari kebiasaan masyarakat, larangan-larangan di tempat tersebut, dan lainnya. Lalu patuhi peraturan tersebut saat berada di tempat itu. Misalnya adalah kamu mengunjungi tempat bersejarah dan sudah dijelaskan dilarang bersiul di sana, maka jangan sekali-kali melakukannya. Ini berhubungan dengan sopan-santun dan meski nggak logis, mitos-mitos itu bisa terjadi jika kamu melanggarnya.

#4 Pastikan Membawa Uang Lebih

tips aman traveling

 

Tidak semua orang bisa traveling dengan uang berlebih. Banyak traveler yang bermodal nekat dengan membawa uang pas-pasan. Kamu bisa menerapkan traveling pas-pasan ini, namun usahakan kamu memiliki uang berlebih untuk hal-hal darurat yang bisa terjadi. Ingat, saat traveling kamu jauh dari keluarga, jadi keamanan dan keselamatanmu ada di tanganmu sendiri. Tidak harus banyak, setidaknya siapkan uang jika terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti kecelakaan, kehilangan sesuatu, dan lainnya. Pastikan juga uang tersebut kamu simpan di tempat berbeda agar ketika uang di dompetmu hilang kamu masih memiliki di tempat lain.

#5 Jangan Posting Kegiatanmu di Media Sosial

tips aman traveling

 

Ketika sedang traveling kamu pasti pengen membagikannya di media sosial agar teman-teman atau pengikutmu di media sosial tahu bahwa kamu sedang traveling. Boleh melakukan hal tersebut, namun pastikan jangan post kegiatanmu tersebut saat itu juga. Misalnya, kamu masih berada di museum, jangan post foto atau status saat kamu masih di museum. Kamu bisa post setelah kamu meninggalkan museum. Ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa menimpa kepadamu. Dengan membagikan kegiatanmu saat itu juga bisa mengundang orang lain untuk mendatangimu dan berbuat kejahatan. Boleh membagikan kegiatanmu di media sosial, tapi ingat harus tetap mengontrolnya dengan baik.

#6 Persiapkan Segalanya dengan Matang

Sebenarnya ini tidak berlaku ke semua orang. Ada orang-orang yang memang menyukai traveling secara spontan dimana tidak ada persiapan dan ada orang yang lebih suka traveling dengan persiapan yang matang. Kalau saya pribadi, saya lebih suka menyiapkan segalanya secara matang sebelum berangkat. Mulai dari booking tempat menginap, sampai semua tiket transportasi sudah ada sebelum keberangkatan. Mempersiapkan traveling dengan matang menurut saya bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa saja terjadi. Siapa sih yang tahu tiba-tiba semua hotel mendadak full? Meskipun kamu harus mempersiapkan dengan matang, kamu masih tetap bisa explore tempat tujuan tanpa adanya rencana.

#7 Pastikan Punya Tujuan yang Jelas Saat Traveling

tips aman traveling

 

Selain perencanaan, saya juga selalu memiliki tujuan yang jelas saat traveling. Ini dilakukan agar biaya yang kamu keluarkan untuk traveling tidak terbuang dengan sia-sia dan juga agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. Tujuan dari traveling ada banyak, mulai dari untuk menghilangkan penat, menghilangkan kebosanan, mengunjungi teman-teman, mengunjungi keluarga, mendapatkan pengalaman baru, dan lainnya. Dengan memiliki tujuan ini, kamu bisa menjadikan travelingmu tidak hanya berupa perjalanan fisik, tapi juga bagian dari perjalanan jiwa atau rohanimu.

Kesimpulan

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, termasuk buat kamu yang ingin mencoba dunia traveling. Kamu bisa memulainya dengan niat. Saya pernah mengalami hal ini ketika ingin mengunjungi Jogja. Setelah gagal berkali-kali, akhirnya saya bisa ke Jogja dua kali dan semua itu karena adanya keinginan yang kuat dari dalam diri saya. Nggak harus modal, kamu juga bisa traveling dengan biaya gratis dengan ikut kegiatan yang memberikan akomodasi dan transportasi ditanggung panitia acara. Jadi, sudah siap jadi traveler?

 

Get notifications from this blog

9 comments

  1. Setuju sih sama tips-tipsnya , keselamatan adalah yang utama. Kalau bisa menabahkan Saya selalu share ke keluarga atau teman soal itinerary, jadi kalau ada apa-apa, mereka tahu jadwal kita seperti apa. Dan berdoa selalu pada Tuhan agar diberi keselamatan

    ReplyDelete
  2. Iya, kita juga harus mudah menghubungi dan dihubungi ya Mbak, takutnya ada apa-apa si perjalanan jadi orang rumah selalu mudah menghubungi kita

    ReplyDelete
  3. Setujuuuu sih, apalagi utk yg traveling solo. Aku pribadi bukan penyuka solo traveling. Tiap kali jalan, pasti hrs ada travelmate, Krn aku ga suka sendirian . So, blm prnh sih nemuin yg aneh2 di jalan.

    Tapi poin utk ga percaya Ama org asing itu beneeeer. Trutama di negara2 yg scam nya udh terkenal banget.. makanya mempersiapkan itin sedetil mungkin lengkap Ama plan B, buatku wajib. Itu membantu ga buang2 waktu juga. Aku ga terlalu suka traveling tanpa persiapan.

    Udahlah cuti terbatas, trus ga pake persiapan pula :p. Buang2 waktu jadinya. Ga maksimal utk jalan.

    ReplyDelete
  4. Travelling sendirian aku belum pernah.
    Tapi beberapa kali suka parno kalau lihat anakku dikasih sama orang. Suka aku inspeksi dulu...apalagi kalau makanan.

    Ada baiknya berjaga-jaga yaa...daripada daripada..
    Naudzubillahi min dzalik.

    ReplyDelete
  5. Sayanbelum pernah lho solo traveling. Bukan takut saat melakukan perjalanannya, tapi takut bobo sendiri di hotel, hahaha..
    Jujur, saya lebih takut setan daripada orang! 😂

    Tapi, setuju banget sama tips2nya. Terutama tentang persiapan matang sebelum melakukan perjalanan. Kita harus punya perencanaan dan tujuan yang jelas, biar gak asal jalan aja.

    ReplyDelete
  6. Untungnya sekarang udh gampang bgt akses internet jd bisa belajar pemetaan dulu sebelum traveling hihihi. Kebantu banget jadinya unt yg akan traveling atau yg solo traveling.

    ReplyDelete
  7. Tips bermanfaat banget ini, untuk orang-orang yang mau solo traveling. Kalo aku dulu tips nya cuma satu kalo mau pergi traveling sendiri. Tidak berpenampilan mencolok

    ReplyDelete
  8. Aku blm pernah nyobain solo traveling, tapi kalo cuma perjalanan ke pulau lain sendiri pernah berkali-kali. Tahun 2019 lalu, aku ada kerjaan yg harus keluar pulau dan musti jalan sendiri (baru ketemu tim di kotanya). Awalnya takut kalo kenapa-kenapa pas nyampe bandara, tapi krn aku pede dan ga keliatan takut, akhirnya berani deh. Sampe beberapa kali ke kota yg baru aku kunjungi sekalipun akhirnya berani

    ReplyDelete
  9. Bagus banget nih tipsnya.. btw saya langsung terpaku sama poin yang nomor 5 itu. Di zaman medsos seperti sekarang ini orang kalau lagi traveling biasa bikin siaran langsung saat itu juga... Atau ya banyak juga sih yang langsung post atau bikin IG story. Nah, ternyata aktivitas tsb bisa mengundang bahaya ya Mbak. Apalagi kalau travelingnya sendirian

    ReplyDelete