√ Review Enola Holmes: Pecinta Film Detektif Wajib Banget Nonton - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Saturday, October 10, 2020

Review Enola Holmes: Pecinta Film Detektif Wajib Banget Nonton

Judul Film : Enola Holmes

Tanggal Rilis: 23 September 2020

Distributor: Netflix

Pemeran: Millie Bobby Brown, Sam Clafin, Henry Cavill, Helena Bonham Carter.

Durasi: 123 menit

 

revies enola holmes

Film Enola Holmes beberapa waktu belakangan ini selalu muncul di bagian tranding Netflix. Sebagai orang yang banyak menghabiskan nonton drama Korea di Netflix, mendadak tertarik untuk menonton film satu ini. Dari judulnya film Enola Holmes langsung mengingatkanku pada Sherlock Holmes, meski sejujurnya aku belum pernah menonton film ataupun series tersebut. Kesanku saat menonton Enola Holmes adalah film satu ini wajib banget kamu tonton, terlebih buat kamu yang emang demen nonton film detektif. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa membaca review Enola Holmes yang ada di artikel ini.

Film ini dibuka dengan kisah Enola Holmes mulai dari dia lahir, diasuh oleh ibunya dengan cara yang unik, sampai tiba-tiba ibunya pergi tanpa berpamitan dengannya. Salah satu yang aku suka dari film ini adalah cara Enola berinteraksi dengan penonton. Persis seperti cara Aruna dalam film Aruna dan Lidahnya. Dengan cara ini sebagai penonton aku merasa diajak masuk oleh tokoh Enola ini.

Hidup Enola berubah pasca kepergian ibunya. Terlebih saat dua kakaknya yaitu Sherlock Holmes dan Mycroft Holmes pulang setelah bertahun-tahun meninggalkan keluarga untuk berkelana. Enola yang berharap akan mendapatkan sesuatu yang menyenangkan setelah kembalinya dua kakaknya tersebut, justru harus hidup terkekang karena Mycroft akan memasukannya ke sekolah khusus wanita. Tentu saja Enola menolaknya karena selama ini ia hanya mendapatkan didikan dari ibunya yang super unik. Jika biasanya wanita di Inggris diajari untuk menjadi anggun dan bisa menyulam, Enola justru diajari jujitsu oleh ibunya. Style pakaian Enola pun jauh dari kesan perempuan bangsawan pada masa itu.

Enola menolak mentah-mentah untuk masuk sekolah khusus wanita. Dibandingkan harus masuk ke sekolah tersebut, ia lebih berminat untuk menemukan ibunya yang pergi entah kemana. Pencarian ibunya ini ia mulai dengan menerjemahkan pesan-pesan ibunya. Ibunya adalah seseorang yang sangat unik. Ia sering membuat teka-teki dengan membolak-balikan kata-kata, termasuk nama Enola yang sejatinya berarti alone. Setelah menemukan petunjuk kemana ibunya pergi, Enola meninggalkan rumah dengan melakukan penyamaran.

Kepergiaannya dengan kereta ini membawanya bertemu dengan Viscount Tewsbury yang juga kabur dari rumah. Pertemuan ini membawa mereka harus loncat dari kereta api saat Tewsburry akan dibunuh. Mereka berpisah setelah mereka sampai di London dan Enola memotong rambut Tewsburry. Enola melanjutkan perjalanannya untuk menemukan ibunya. Ia mendatangi tempat-tempat sesuai petunjuk yang diberikan oleh ibunya. Dengan uang yang ditinggalkan  ibunya, Enola juga bisa menginap di hotel yang tidak cukup baik.

Petualangan Enola Dimulai

review enola holmes
 

Sebenarnya petualangan Enola dimulai sejak ia menerjemahkan pesan yang ditinggalkan ibunya, namun petualangan ini benar-benar dimulai saat Enola melakukan penyamaran sebagai wanita anggun dan harus bertemu dengan orang yang mengejar Tewsburry. Di sini ia hampir terbunuh seandainya tidak memakai korset yang selama ini ia benci. Di sini ia juga mengerti alasan ibunya mengajari jujitsu dibandingkan mengajarinya menyulam.

Setelah pertemuannya dengan orang yang mengejar dan berusaha membunuh Tewsburry, Enola memiliki tujuan lain selain menemukan ibunya yaitu untuk menyelamatkan Tewsburry. Ia sampai mendatangi rumah Tewsburry dengan menyamar sebagai janda agar bisa bertemu langsung dengan ibu Tewsburry. Enola tidak berhasil dengan usahanya kali ini. Ia ditolak untuk berbicara dengan ibu Tewsburry. Setelah ia meninggalkan rumah Tewsburry, Enola justru bertemu dengan Tewsburry. Ia mengatakan ia dikejar oleh orang yang ingin membunuh Tewsburry dan orang yang ia curiga ada di balik ini semua adalah paman Tewsburry.

Mereka berusaha menyelesaikan teka-teki ini berdua, namun pemilik hotel justru memberikan informasi kepada Mycroft tentang keberadaan Enola. Demi menyelamatkan Tewsburry yang terancam nyawanya, Enola rela menyerahkan diri ke Mycroft dan masuk ke sekolah khusus wanita.

Orang Di Balik Percobaan Pembunuhan Tewsburry
review enola holmes


Seperti film-film lainnya, film Enola Holmes juga menyajikan beberapa teka-teki mulai dari kepergian ibunya Enola, siapakah sebenarnya ibunya Enola, dan siapa orang di balik percobaan pembunuhan Tewsburry. Setelah Enola masuk ke sekolah wanita, ia harus mengikuti semua peraturan di sana yang sangat kaku. Sebagai anak perempuan yang sedari kecil dididik layaknya laki-laki, Enola tentu tidak betah dengan peraturan yang ada di sekolah tersebut. Ia akhirnya bisa kabur setelah Tewsburry menyelinap ke sekolah dan mereka kabur bersama.

Ada dua pilihan saat mereka kabur yaitu mereka pergi ke London atau pergi ke rumah Tewsburry. Pergi ke rumah Tewsburry merupakan pilihan paling berbahaya karena di sana mereka akan bertemu dengan orang yang ingin membunuh Tewsburry namun ini yang dipilih Enola. Ia harus memilih sesuatu yang berani untuk bisa menyelesaikan teka-tekinya selama ini. Mereka pergi ke rumah Tewsburry dan di sana harus menghadapi orang selama ini berusaha membunuh mereka.

Tidak Semua Teka-teki Terjawab
enola holmes

Seperti yang diketahui, petualangan Enola Holmes dimulai saat ia berusaha menemukan ibunya yang menghilang secara tiba-tiba. Di akhir film Enola akhirnya bertemu dengan ibunya namun jika kamu berharap akan menemukan jawaban alasan kepergian ibunya, kamu tidak akan menemukannya bahkan sampai akhir film. Alasan kepergian ibunya termasuk siapa sebenarnya ibunya, apakah dia orang baik atau orang jahat, tidak ditemukan sampai akhir film ini. Film ini hanya ditutup dengan pertemuan Enola dengan ibunya dan juga keberhasilan Tewsburry selamat dari ancaman maut dan menjadi penentu politik di Inggris saat itu.

Apakah Film Ini Wajib Ditonton?

Wajib atau tidak itu perihal selera. Buat kamu yang emang suka dengan film bertemu detektif wajib banget nonton film ini. Menurutku film Enola Holmes ini cukup menyenangkan untuk ditonton dengan tema detektif yang biasanya terasa berat. Terlebih dengan cara interaksi Enola yang membuat penonton seakan masuk ke setiap adegan di film, itu menjadi poin tambah menariknya film ini.

 

Get notifications from this blog