√ The Queen's Gambit: Petualangan Pemain Catur yang Wajib Ditonton - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Tuesday, December 1, 2020

The Queen's Gambit: Petualangan Pemain Catur yang Wajib Ditonton

Beberapa hari yang lalu aku baru aja menyelesaikan Serial Netflix berjudul The Queen’s Gambit. Sebagai orang yang jarang banget nontoh Serial Netflix berbahasa Inggris (seringnya nonton drama Korea), aku butuh alasan yang kuat untuk memulai dan menyelesaikan The Queen’s Gambit. Menceritakan tentang Elizabeth Harmon, seorang pecatur wanita dari Amerika serikat yang kecanduan obat penenang ini berhasil membuatku merasakan sensasi persaingan kompetisi catur yang ada di series tersebut. Sebagai informasi, berikut beberapa data tentang The Queen’s Gambit:

Judul : The Queen’s Gambit

Tempat tayang : Netflix

Jumlah episode : 7

Tanggal tayang : 23 Oktober 2020

Pembuat : Scott Frank, Allan Scot

Pemeran : Anya Taylor-Joy, Thomas Brodie-Sangster, Harry Melling, Moses Ingram

 

Sinopsis The Queen’s Gambit

the queens gambit

 

Elizbeth Harmon atau yang biasa dipanggil Beth kehilangan ibunya di usia 9 tahun dan ia tinggal di panti asuhan. Sebagai anak yang banyak diam, Beth tidak kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan di panti asuhan. Ia juga mengikuti semua kegiatan di panti asuhan, termasuk saat panti asuhan memberinya 2 pil. Menurut keterangan Jolene, remaja perempuan yang juga tinggal di panti asuhan, salah satu pil tersebut merupakan pil penenang yang akan lebih berefek saat diminum sebelum tidur. Saat Beth diminta untuk membersihkan penghapus di ruang bawah tanah, ia melihat Mr Shaibel, petugas kebersihan panti asuhan sedang bermain catur dan ketertarikan Beth akan catur dimulai saat itu.

Dari Mr Shaibel Beth akhirnya belajar tentang catur dan ia menggunakan pil penenang untuk membayangkan permainan catur sebelum tidur. Awalnya Mr Shaibel menolak mengajari Beth, namun Beth yang pantang menyerah membuat Mr Shaibel akhirnya mengajarinya permainan catur. Hidup Beth berubah setelah pasangan suami istri yaitu Allston dan Alma Wheatly mengadopsi Beth dan membawa Beth ke rumah mereka. Awalnya Beth melupakan kecintaannya pada catur namun ia kemudian menemukan info turnamen catur dari salah satu koran. Dengan modal meminjam uang daru Mr Shaibel (dengan mengirim surat), Beth akhirnya memulai karirnya sebagai pemain catur Amerika Serikat.

Karakter Beth dan Trauma Masa Lalu

the queens gambit

Jika kamu menonton series ini dari awal hingga akhir, kamu pasti akan mengatakan Beth merupakan sosok yang dingin dan jarang berekspresi. Beth baru mulai menunjukan ekspresinya di episode-episode terakhir dimana ia kembali ke panti asuhan bersama Jolene dan saat sahabat-sahabatnya menunjukan kepedulian mereka terhadapnya. Karakter Beth yang dingin ini bukan tanpa sebab. Di beberapa scene diperlihatkan bagaimana Beth selalu teringat masa lalunya bersama ibunya sampai akhirnya ibunya meninggal karena menebrakan diri ke truk. Bahkan pada bagian awal pihak panti asuhan mengatakan Beth adalah salah satu korban orang tua (yang melakukan bunuh diri).

Karakter Beth remaja juga dipengaruhi oleh pola asuh Alma Wheatly yang mendukung setiap keputusan Beth. Alma juga bisa menjadi pendengar yang baik ketika Beth menceritakan lomba catur yang baru dilaluinya. Bisa dibilang Alma Wheatly ibu angkat yang sangat baik, padahal sebelumnya aku sudah khawatir Beth akan mendapatkan orang tua angkat kurang baik. Meski Beth tampak tenang (dibandingkan orang lain) namun hidup Beth sempat kacau sepeninggalan Alma Wheatly.

Kesetiaan Teman-Teman Beth

catur

 

Aku pikir persaingan di dunia catur akan membuat pemainnya egois dan tidak memedulikan pemain catur lainnya, namun ternyata aku salah. Saat Beth mengikuti kejuaraan dunia di Rusia, tiba-tiba teman-teman Beth yang dikenalnya di dunia catur berkumpul dan membantu Beth memenangkan pertandingan catur. Bahkan dua pemain yang pernah Beth kencani juga bergabung untuk membantu Beth.

Lebih dari itu kedatangan Jolene memberikan angina sejuk ke dunia Beth yang saat itu sangat berantakan pasca meninggalnya Alma Wheatly. Aku termasuk orang yang meneteskan air mata pada scene Beth kembali ke panti asuhan bersama Jolene dan kembali mendatangi ruangan Mr. Shaibel. Ternyata selama ini Mr. Shaibel mengumpulkan keliping pertandingan catur Beth, termasuk surat Beth yang pernah dikirimkan ke Mr. Shaibel dalam rangka meminjam uang buat daftar lomba catur untuk pertama kalinya. Sebenarnya aku penasaran dengan janji Beth ke Mr. Shaibel untuk mengembalikan uang dan janjinya ketika ia menang untuk memberikan persenan ke Mr. Shaibel, apakah ini sudah dipenuhi oleh Beth?

The Queen’s Gambit: Harus Ditonton

beth

Sebagai orang yang nggak begitu menaruh ketertarikan di USA Series, tapi aku benar-benar menyukai The Queen’s Gambit. Aku seperti diajak ikut berkompetisi ketika menonton serial ini, terlebih ketika perlombaan catur sedang berlangsung. Saat scene Alma Wheatly meninggal aku juga merasakan kekagetan Beth meski Beth sangat tenang ketika situasi seperti ini. So, buat Teman-Teman yang emang menyukai genre yang ringan-ringan namun bikin penasaran, Teman-Teman wajib banget nonton The Queen’s Gambit ini.

Get notifications from this blog