√ Kandungan yang Haram Ada di Skincaremu, Apa Saja? - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Monday, January 25, 2021

Kandungan yang Haram Ada di Skincaremu, Apa Saja?

Produk perawatan kulit atau skincare dibuat untuk menutrisi kulit dengan bahan-bahan yang bisa membantu kulit menjadi lebih sehat dan lebih cantik. Namun, tidak semua skincare mengandung bahan-bahan yang aman alias beberapa skincare menggunakan bahan-bahan yang dapat membahayakan tubuh. Biasanya skincare seperti itu dapat memberikan efek kulit putih dan mulus dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan skincare dengan kandungan bahan-bahan yang aman. Kira-kira bahan-bahan skincare apa saja yang berbahaya bagi kulit dan harus kita hindari untuk perawatan kulit? Yuk disimak baik-baik ya!

Merkuri  

kandungan berbahaya skincare

 

Bahan kimia yang harus dihindari untuk perawatan kulit wajah adalah merkuri. Jika kamu menemukan satu produk kecantikan yang dapat memutihkan wajah dalam waktu cepat, hati-hati jangan-jangan produk tersebut mengandung merkuri. Merkuri merupakan suatu bahan kimia yang dapat ditemukan sebagai bahan tambahan dalam sabun dan krim pencerah kulit, serta sebagai pengawet produk kosmetik, terutama untuk produk maskara dan pembersih rias mata. Merkuri sangat populer dipakai dalam kandungan produk pemutih karena kemampuannya menghambat pembentukan melanin, sehingga kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat.
 
Meskipun dapat membuat kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat, namun dengan mengoleskan merkuri di atas permukaan kulit akan membuat kulit semakin menipis. Paparan yang tinggi terhadap merkuri dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saluran pencernaan, sistem saraf dan ginjal. Tidak hanya itu, merkuri juga dapat menyebabkan risiko gangguan pada berbagai organ tubuh, seperti otak, jantung, ginjal, paru-paru dan sistem kekebalan tubuh. Saking ngerinya, merkuri bisa menyebabkan keterlambatan pertumbuhan pada janin yang dikandung oleh ibu yang menggunakan produk merkuri. 
 
Lalu, bagaimana cara membedakan krim yang mengandung merkuri? Untuk membedakannya, kamu bisa perhatikan hal-hal berikut ini: 
1. Krim yang mengandung merkuri dapat membuat perubahan yang sangat cepat pada wajah. 
2. Krim yang mengandung merkuri terasa lengket saat diaplikasikan pada wajah. 
3. Membuat wajah menjadi gatal-gatal dan agak sedikit terasa panas 
4. Mengandung wangi yang sangat menyengat.
5. Jika disimpan di bawah matahari langsung atau ditaruh di atas kertas dan setrika, krim yang mengandung merkuri akan berubah menjadi hitam. 
 
Jadi, setelah mengerti betapa berbahayanya produk yang mengandung merkuri, apakah kamu masih tertarik menggunakan produk yang menawarkan kulit putih, mulus dan kinclong secara instan? Lebih berhati-hati ya mulai dari sekarang.

Steroid  

kandungan berbahaya skincare

 

Buat kamu yang memiliki masalah jerawat yang parah dan meradang, saat kamu konsultasi ke dokter, biasanya dokter akan meresepkan obat yang mengandung steroid. Steroid atau yang biasa dikenal dengan kortikosteroid, sebenarnya adalah obat untuk mengatasi reaksi peradangan pada tubuh, termasuk untuk jerawat yang meradang. Dalam mengatasi masalah kulit seperti seperti dermatitis numularis, dermatitis atopik, dermatitis kontak alergi dan iritan, psoriasis, penyakit bulosa, dokter sering meresepkan krim steroid karena krim steroid dinilai memiliki efek samping lebih ringan dibanding dengan steroid oral. Namun kasusnya akan berbeda dengan krim steroid untuk tujuan memutihkan wajah. 
 
Krim steroid tidak boleh ditambahkan krim perawatan wajah dengan tujuan estetika atau kecantikan dan digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Meskipun krim steroid dapat memutihkan kulit, kenyataannya perubahan warna kulit yang terjadi itu adalah wujud dari efek samping steroid yang digunakan sembarangan di luar tujuan pengobatan. Selain memberikan efek samping berupa kulit yang putih, penggunaan steroid dalam jangka panjang juga akan membuat kulit berbulu (dapat menimbulkan kumis atau jambang) dan pelebaran pembuluh kapiler. 
 
Krim steroid boleh digunakan, asalkan setelah melakukan konsulitasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Jadi, kamu nggak boleh asal membeli krim dengan kandungan steroid tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Sp.KK karena dokter yang paling tahu apa yang dibutuhkan berdasarkan keluhan yang pasien rasakan. Jadi, jangan asal beli tanpa tahu penanganan atas masalah kulitmu ya!
 

Hydroquinon

kandungan berbahaya skincare

 

 
Hydroquinone diresepkan oleh dokter untuk mengatasi hiperpigmentasi atau flek hitam yang muncul pada wajah. Sama seperti steroid, hydroquinone harus digunakan setelah melakukan konsultasi dengan dokter dan merupakan obat resep dari dokter kecantikan. 
 
Meskipun penggunaan hydroquinone dalam pengoksidasi warna rambut masih aman dalam kadar maksimal 0,3%, namun jika digunakan pada kulit, paparan hydroquinone dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi, kulit menjadi merah (eritema) dan juga menimpulkan efek terbakar pada kulit. Efek ini akan terjadi setelah pemakaian hydroquinone konsentrasi tinggi lebih dari 4%, sedangkan pemakaian hydroquinone di bawah 2% dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan leukoderma kontak/vitiligo (hilangnya pigmen kulit) dan okronosis eksogen (diskolorisasi kulit)
 
Jadi buat kamu yang ingin menggunakan hydroquoinone untuk memutihkan kulit dengan pemakaian jangka panjang, mending diurungkan niatnya dari sekarang karena hydroquinone tidak bisa digunakan dalam jangka panjang. Kecuali kamu sudah siap dengan risiko-risiko yang bisa terjadi.
 
Yuk baca info lainnya di Halodesi
kandungan berbahaya skincare


Get notifications from this blog