√ Selain Cuan, Ini Alasan Kamu Harus Jadi Blogger - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Monday, March 1, 2021

Selain Cuan, Ini Alasan Kamu Harus Jadi Blogger

Aku mengenal dunia blog sudah cukup lama. Sekitar tahun 2011 dan itu pertama kalinya aku membuat blog pribadi (beda dengan blog yang aku gunakan saat ini). 

Saat itu ada yang bilang ke aku kalau ngeblog bisa menghasilkan duit. Aku percaya, tapi saat itu tujuan utamaku tentunya bukan duit tapi lebih memiliki tempat untuk menulis.

blogger


Sekitar tahun 2014 (blog yang dulu nggak pernah diurus) akhirnya aku membuat blogku yang aku gunakan sekarang ini. Jadi, jika ditanya sejak kapan blogku ini dibuat, ya sejak tahun 2014. 

Nggak banyak yang aku muat di sini, palingan cerpen, cerita bersambung, dan pengalaman mengikuti komunitas Kampus Fiksi. Baru sekitar 2018 itu aku mulai mengisi blog untuk lomba.

Tahun 2020 aku mulai ada niatan untuk membeli domain berbayar (TLD) blog. Tapi maju mundur karena ragu apa aku bisa mengisi blogku dengan konsisten. 

Oh iya, sebelum menggunakan nama blog sekarang, aku sempet berganti nama blog berkali-kali dan tampilannya juga diganti berkali-kali, mulai dari pakai template dari blogspot, pasang template dengan hiasan kupu-kupu di layar, kursor berbentuk Hello Kitty, sampai apa yang aku pakai sekarang.

Hingga akhirnya aku memantapkan diri untuk ganti domain dengan dot com, setelah obrolan dengan Pak Bos tempat aku kerja yang emang ahlinya di bidang perwebsite-an. 

Kata beliau, tekuni aja blog itu. Sambil belajar SEO, pasti akan bermanfaat. Lalu, jeng.. jeng.. Di Bulan September aku mulai menggunakan TLD dan serius menjadi blogger.

Selain motivasi dari Pak Bos, sebenernya apa sih alasan aku menjadi blogger lainnya? Baiklah, aku akan memberikan jawabannya.


Alasan Menjadi Blogger

blogger


1. Blog Adalah Portofolio yang Sangat Diperhitungkan


Alasan pertama aku memilih menjadi blogger karena blog merupakan portofolio yang sangat diperhitungkan, khususnya buat kamu yang ingin berkarir sebagai penulis konten atau SEO spesialist. Aku mendapatkan pernyataan ini langsung dari Pak Bos yang juga founder dari perusahaan pembuat website. 

Kata beliau, jika ingin jadi SEO spesialist (gaji sangat tinggi) jika ada artikel yang berada di posisi pertama Google, itu bisa dijadikan portofolio. Jadi, nanti HRD atau perekrut akan melihat kemampuan dan keahlian pelamar kerja ini dari portofolio blog tersebut.

Buat para penulis konten juga sama. Biasanya setiap mengajukan lamaran kerja, atasan atau HRD meminta tulisan yang ada di website. 

Nah, jika kamu punya blog, kamu akan lebih mudah memberikan link tulisan tersebut. Semakin baik tulisan yang ada di blog, pastinya akan membuat peluang diterima semakin besar.


2. Mendapatkan Penghasilan


Dari mana sih penghasilan seorang blogger? Buat yang penasaran, jadi, penghasilan blogger itu bisa dari mana saja. Pertama, dari adsense. 

Buat blogger yang telah terdaftar adsense, mereka bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang dipasang di blog. Tapi, penghasilan ini buat blogger pemula masih kecil.

Nah, penghasilan blogger yang besar itu berasal dari kerjasama atau endorse. Aku pribadi sempat memegang project guestpost di tempat kerja dengan para blogger. Untuk memuat backlink di blog mereka, kami membayar 100-200 ribu. 

Itu tulisan masih aku yang buat. Belum lagi jika blogger mendapatkan endorse. Selain uang, mereka juga mendapatkan kiriman produk untuk direview di blog mereka.

Bagaimana pun, di zaman yang serba digital ini, akun digital memang jadi hal yang sangat berharga, baik itu Instagram, Facebook, hingga blog ini.


3. Bergabung Komunitas dan Kenal Banyak Teman Baru

Ketiga, menjadi blogger juga memberikan kesempatan bergabung komunitas blogger dan bisa punya teman-teman baru. Aku sendiri sempat mengikuti beberapa acara yang diadakan oleh blogger di Lampung dan dari sana selain mendapatkan ilmu, aku juga bisa mendapatkan teman baru. 

Teman-teman blogger ini sangat baik, mereka tidak segan memberikan kiat-kiat menjadi blogger dan bagaimana memenangkan lomba blog. Selain di komunitas, di media sosial juga bisa mendapatkan teman-teman online dan dari mereka kita bisa belajar bagaimana menjadi seorang blogger yang berpenghasilan.

Sebenarnya masih banyak alasan lain kenapa aku memutuskan menjadi blogger, tapi 3 alasan di atas jadi alasan paling besar. Apalagi 2 di antaranya berkaitan langsung dengan cuan, wah, emang ada alasan yang lebih kuat dari itu? 

Memiliki banyak teman juga merupakan sesuatu yang sangat berharga. You know, relasi saat ini memegang peranan penting di dunia kerja dan dunia profesional. Jadi, punya teman banyak lebih menguntungkan dari punya teman sedikit.


Lalu, apa sih yang harus dilakukan agar blog yang dimiliki berkualitas dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah?


Tips Menjadi Blogger Profesional

Blogger


1. Buatlah Konten Original

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat konten original. Apa sih itu original? Original merupakan konten yang dibuat sendiri dan tidak jiplak konten milik orang lain. Bisa menjadikan konten orang lain sebagai referensi namun pastikan tidak sama persis.

Hal ini dikarenakan jika sampai blogger jiplak atau plagiat konten milik orang lain, blog tidak akan dianggap oleg Google dan tidak bisa ditemukan di mesin pencari Google.


2. Isi Blog dengan Konten yang Bermanfaat

Beberapa hari yang lalu aku sempet bertanya bagaimana sih agar blog bisa diterima adsense dan menurut blogger senior, caranya adalah dengan membuat konten yang bermanfaat. 

Agak ambigu sih apa itu bermanfaat, namun menurut kami, bermanfaat itu yang bisa memberikan pengetahuan baru kepada pengunjung blog, baik itu informasi ataupun tips-tips.


3. Pastikan Ada Info Kontak

Saat mencari kontak blogger untuk projek kerjaan, aku dan Pak Bos sempat heran kenapa ada blog yang tidak memiliki info kontak blogger atau pemilik blog tersebut. Kami bingung dong mau menghubungi kemana saat akan mengajukan penawaran. 

Padahal penawaran ini bisa menjadi peluang blogger dapat menghasilan. Jadi, kontak ini sangat berharga dan pastikan kamu menyertakannya di blog kamu. Kontak bisa dibuat dengan menyertakan alamat email atau media sosial yang dimiliki. Siapa tau ada dari pengunjung yang follow media sosial kamu.


4. Tetapkan Tujuan Utama Kamu Ngeblog

Apa sih tujuan kamu ngeblog? Untuk mendapatkan cuan atau menyalurkan hobi hingga dapat cuan? Pastikan kamu memiliki tujuan utama dari ngeblog dan dari situ kamu bisa memotivasi diri sendiri untuk terus mengisi blog dengan konten yang bermanfaat. 

Aku pribadi tujuan utama ngeblog untuk portofolio dan juga sebagai media menyalurkan hobi menonton drama Korea menjadi sebuah tulisan. Selain tujuan seperti aku ini, masih banyak tujuan lain dan dari tujuan ini kamu nantinya bisa memilih jenis blog apa yang kamu miliki. Apakah blog bisnis, blog travel, blog lifestyle, blog teknologi, atau blog lainnya.


Kesimpulan

Blog merupakan aset digital yang sangat berharga, terlebih dengan perkembangan perusahaan berbasis teknologi sekarang ini. Perusahaan-perusahaan akan membutuhkan blog untuk backlink dan meningkatkan trafik website yang mereka miliki. 

Dari kerjasama backlink ini nantinya blogger bisa memperoleh pendapatan yang nilainya cukup menggiurkan. Jadi, tunggu apa lagi, yuk ngeblog sekarang juga!


Get notifications from this blog