√ 10 Pekerjaan Remote Paling Dicari, Apa Saja? - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Friday, January 19, 2024

10 Pekerjaan Remote Paling Dicari, Apa Saja?

pekerjaan remote


Ngomongin tentang kerja remote, sebelum kamu bisa memulai kerja remote, kamu harus tahu pekerjaan apa yang akan kamu kerjakan. Jika kamu belum tahu mau kerja remote di bidang apa, pekerjaan remore paling dicari bisa dijadikan rekomendasi.


Ini mengingat melamar kerja remote bisa dibilang tidak mudah dan sama seperti kerja kantoran, kerja remote banyak persaingan. Kamu harus memastikan kalau kamu memiliki kualifikasi yang baik untuk bisa diterima kerja. Menjadi fokus pada satu pekerjaan adalah hal yang bisa membuatmu memiliki kualifikasi yang baik ini.


Berikut 10 pekerjaan remote paling dicari yang bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang ingin memulai kerja remote:


10 Pekerjaan Remote Paling Dicari


Apa saja 10 pekerjaan remote paling dicari? Anda bisa membaca penjelasannya di bawah ini:

1. Content Writer


Pertama, content writer. Kenapa aku memasukan pekerjaan content writer di posisi pertama? Ya, karena ini pekerjaanku saat ini. Aku masuk kerja di Kledo sebagai content writer di tahun 2020. Buatku menjadi content writer itu nggak mudah. Sangat tidak mudah, malahan.


Bahkan buat orang yang suka nulis, menjalani pekerjaan content writer ini penuh tantangan. Tapi suka pekerjaan ini. Content writer tuh kayak pabriknya konten SEO. Pekerjaannya sebagaian besar berfokus di produksi artikel.


Jadi, hari-hari content writer akan dihabiskan di depan laptop. Riset dan menulis artikel setiap hari. Meski keliatannya membosankan, tapi buat kamu yang suka membaca dan mempelajari hal baru, content writer ini sangat cocok karena kamu setiap harinya akan belajar sambil bekerja.


Tertarik menjadi content writer? Aku merekomendasikan kamu mulai belajar bidang ini sekarang juga dan kumpulkan portofolio sebanyak-banyaknya. Menjadi blogger dan menulis di media online bisa jadi pilihan untuk memperbanyak portofolio.


Lalu berapa gaji content writer? Jika kamu kerja remote, maka kamu akan mendapatkan gaji minimal UMR. Untuk kantoran juga sama saja. Tapi jika kamu freelance, kamu bisa mendapatkan gaji lebih dari UMR, meski sering juga nggak gajian karena nggak ada pesanan.


Jika kamu suka gaji yang pasti-pasti, kerja remote bisa kamu pilih.


pekerjaan remote


2. Copywriter


Jika fokus content writer adalah menulis artikel sebanyak-banyaknya, copywriter kebalikannya: menulis sedikit tetapi efektif. Efektif yang dimaksud di sini adalah tulisanmu nendang dan mampu menarik audiens. Buatku, ini sesuatu yang sangat-sangat sulit.


Copywriter merupakan pekerjaan yang bertugas membuat naskah iklan, baik itu iklan di media sosial, iklan TV, iklan radio, membuat campaign, dan lainnya. Jika kamu pernah menemui iklan yang ada di baliho, itu juga pekerjaan content writer.


Buat kamu yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai copywriter, kamu bisa membaca tulisanku tentang jobdesk copywriter yang ada di Blog GajiHub.


3. SEO Specialist


SEO Specialist bisa dibilang atasannya content writer. SEO Specialist bertugas melakukan riset untuk mengoptimalkan website. Salah satu jobdesk SEO Specialist adalah melakukan riset artikel yang nanti akan diserahkan ke content writer untuk mulai ditulis.


SEO Specialist adalah pekerjaan yang masih langka. Biasanya untuk menjadi SEO Specialist ini, kamu harus memulai karir sebagai content writer dan blogger. Tapi untuk gaji, karena langka SEO Specialist bisa dapat gaji hingga 2 digit.


4. Social Media Specialist


Social Media Specialist adalah pekerjaan yang berhubungan dengan optimasi sosial media. Aku saat ini juga membantu Kledo dalam mengoptimasi media sosial, Instagram tepatnya. Sama seperti pekerjaan yang pernah aku handle lainnya, menjadi social media specialist bukan hal yang mudah.


Ini dikarenakan algoritma media sosial yang cepet banget berubah. Maka yang kamu butuhkan ketika melakoni pekerjaan ini adalah terus belajar. Jika kamu berminat berkarir di bidang ini, kamu bisa mulai melakukan optimasi media sosialmu.


Nanti ketika kamu melamar kerja, kamu bisa menggunakan media sosial yang kamu miliki sebagai portofolio.


5. Desainer Grafis


Suka desain dan ingin kerja remote? Jadi desainer grafis bisa menjadi pilihan. Desainer grafis merupakan pekerjaan remote yang ada di luar digital marketing tetapi jobdesknya berhubungan dengan tim digital marketing (content writer, copywriter, SEO specialist, social media specialist).


Aku juga sempet belajar bidang ini namun aku tidak cocok. Buatmu mendesain itu sometime menyenangkan, tetapi untuk jadi pekerjaan utama, aku tidak suka. Menjadi desainer grafis harus memiliki sense atau rasa pada desain yang dihasilkan.


Rasa itu yang bisa membuat sebuah desain terasa hidup dan memiliki makna. Untuk mengetahui desainmu ada rasa atau tidak, kamu harus mencobanya. Kamu bisa mencoba mendesain dengan bantuan Canva.


Ada banyak pilihan pekerjaan di bidang desain grafis selain kerja remote, temanku yang bekerja sebagai desainer grafis bisa mendapatkan penghasilan hingga $1000 per bulan atau setara Rp14 juta.


6. Programmer


Buat kamu yang suka coding, programmer bisa menjadi pilihan pekerjaan remote. Programmer adalah pekerjaan yang sangat-sangat menjanjikan di tengah perkembangan digital ini. Bidang programmer pun banyak, mulai dari Front-End Developer, Back-End Developer, Laravel Developer, web designer, dan lainnya yang aku nggak tahu.


Jobdesk programmer setiap harinya adalah coding. Kadang juga menangani bug yang masuk. Aku nggak begitu paham dengan dunia programmer ini, tetapi di Kledo ada beberapa karyawan yang kerja di Kledo tanpa ijazah S1.


Mereka bahkan saat awal kerja masih duduk di bangku SMK. Waktu aku tanya, katanya iseng-iseng belajar coding sambil ngegame waktu pandemi. Jadi, buat kamu yang tertarik dengan bidang ini, wajib dicoba. Jangan tanya gaji programmer, kamu mau dapat 3 digit dari pekerjaan ini pasti bisa. Kamu juga bisa kerja remote dari luar negeri.


7. Data Entry


Data entry merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote selanjutnya. Dari sumber campus.quiper, data entry berperan dalam hal memudahkan administrasi, pemangkasan biaya, dan memastikan data source berasal dari data yang penting.


Pekerjaan ini disebut-sebut sebagai pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak skill. Tetapi aku yang pernah diminta jadi data entry oleh seorang teman yang lagi coas, ini juga bukan pekerjaan yang mudah. Memasukan data-data, apalagi data penting itu pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi.


8. Data Analyst


Jika data entry bekerja entry atau input data, data analys bertugas menganalisis data dan menjadi salah satu pekerjaan di bidang data science. Mereka ini bertugas mengolah data mentah hingga bisa ditarik kesimpulan.


Data analyst dibutuhkan perusahaan dan jadi profesi yang lumayan fleksibel karena semua bidang membutuhkannya, mulai dari kesehatan, teknologi, manufaktur, dan lainnya. Pekerjaan ini juga memiliki gaji yang lumayan tinggi, bisa 2 kali UMR.


9. Ilustrator


Selain desainer grafis, ilustrator juga menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan di bidang desain. Perbedaan antara ilustrator dengan desainer grafis adalah pada produk yang dihasilkan atau karya mereka. Ilustrator adalah orang menciptakan karya visual, sedangkan desainer grafis merancang elemen grafis menjadi karya visual.


Perbedaan lainnya adalah desainer grafis bekerja untuk tujuan komersial, sedangkan ilustrator menjadi sebuah karya seni. Ilustrator biasanya banyak bekerja untuk bidang-bidang entertainment, seperti pembuatan komik, animasi, hingga untuk isi buku.


pekerjaan remote


Aku juga pernah mencoba bidang ini dan sampai saat ini masih sering mengilustrasi. Kamu bisa mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) jika ingin berkarir sebagai ilustrator. 


10. Translator


Terakhir, translator. Ini juga pekerjaan yang bisa kamu kerjakan secara remote. Translator bisa dari berbagai bahasa, baik itu Inggris, Korea, Jepang, Mandari, Jerman, dan lainnya. Untuk pekerjaan remote adalah translator untuk kebutuhan naskah.


Salah satu pekerjaan yang membutuhkan translator adalah subtitle film atau drama. Translator juga dibutuhkan untuk mengubah dokumen dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Menjadi penerjemah buku juga bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin berkarir di bidang ini.


Gimana? Kamu sudah mendapatkan gambaran pekerjaan yang ingin kamu tekuni. Dari semua pekerjaan yang pernah aku coba, buatku tidak ada pekerjaan yang mudah. Ya, memang semua pekerjaan memiliki tantangan masing-masing.


Tapi kalau kamu suka, meski sesulit apapun kamu pasti akan mampu menghadapinya. Jadi, cobalah satu-satu pekerjaan yang ingin kamu coba dan pilihlah pekerjaan yang kamu senangi.





Get notifications from this blog