√ Milad ke-6 Tapis Blogger: Jadi Blogger dan Content Creator Sukses, Kenapa Tidak? - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Sunday, September 11, 2022

Milad ke-6 Tapis Blogger: Jadi Blogger dan Content Creator Sukses, Kenapa Tidak?

milad ke-6 Tapis Blogger
Credit by Desi Murniati


Aku mengenal dunia blogging di tahun 2012. Saat itu aku masih duduk di bangku kelas 11 SMA dimana semangat menulisku lagi berkobar. Jangan bayangkan blog yang kumiliki sudah TLD (Top Level Domain) dan sudah ada isinya kayak sekarang, blog yang kubuat masih gratisan dari blogspot dan nggak ada isinya.


Blog itu akhirnya nggak aku pakai lagi dan aku bikin blog baru di tahun 2014. Blog baru inilah yang akhirnya aku daftarkan menjadi blog TLD www.halodesi.com ini. Meski sudah mengenal blogging dari 2012, tapi aku termasuk terlambat mengenal peluang dunia blogging ini. Aku baru membeli domain www.halodesi.com setelah bekerja sebagai penulis konten di tahun 2020. 


Sebagai penulis konten yang bekerja di perusahaan software akuntansi, aku sangat paham bagaimana peluang dunia blogging ini. Bagi perusahaan tempatku bekerja (dan perusahaan berbasis teknologi lainnya) kehadiran para blogger sangat membantu SEO page off. Ibaratnya, blogger dan perusahaan teknologi menjalin hubungan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan: perusahaan mendapatkan backlink dari blog yang dimiliki blogger dan blogger mendapatkan bayaran sesuai rate blog mereka.


Dimulai dari sinilah di tahun 2020 aku memutuskan, "Oke, aku akan memulai karir sebagai blogger."


Menjadi Bagian dari Tapis Blogger


Aku mengenal Tapis Blogger di tahun 2018. Saat itu aku mengikuti acara yang diadakan oleh Tapis Blogger bersama Thasya Busana. Aku tertarik mengikuti acara tersebut karena selain bisa belajar ngeblog, di sana juga ada materi foto produk. Aku yang masih jualan rajut dan tas handmade lainnya sangat tertarik belajar foto produk ini.


Acara kedua Tapis Blogger yang kuikuti adalah di tahun 2019 dimana saat itu Tapis Blogger berkolaborasi dengan Emak2Blogger. Dari acara ini aku akhirnya mengenal lebih dekat bagaimana dunia blogger dan bisa bertemu blogger-blogger keren.


Meski hanya mengikuti dua acara Tapis Blogger di tahun 2018 dan 2019, tapi aku bisa mendapatkan banyak ilmu dari Tapis Blogger. Salah satunya adalah ilmu foto produk yang sangat berguna buatku saat itu. Berikut foto produk hasil aku belajar bersama Tapis Blogger.

milad ke-6 Tapis Blogger
Foto Saat Acara Tapis Blogger 2019

Hasil foto setelah diterapkan ke produk sendiri:


foto produk
Hasil Foto Pribadi


Saat itu aku ketagihan ikut acara Tapis Blogger. Jika Tapis Blogger mengadakan acara lagi, aku pasti ikutan.


Pandemi dan di Rumah Aja


Tahun 2019 aku wisuda dan tahun 2020 pandemi Covid-19 melanda dunia. Aku pulang ke rumahku di Pringsewu dan di tahun 2020 ini tidak ada kegiatan di luar rumah. Pemerintah melarang semua kegiatan yang dilakukan di luar rumah.


Meski selama 2020 hanya di rumah aja, namun tahun ini jadi tahunku memulai banyak hal: kerja, ngeblog lebih serius, dan mulai belajar digital art. Sebagai blogger yang lebih serius, aku masih memiliki tekad yang sama seperti sebelumnya, jika Tapis Blogger ada acara aku pasti ikutan.


Sayangnya pandemi berlangsung dalam waktu yang lama. Setelah dua tahun dari pertama kali virus Covid-19 masuk ke Indonesia, aku sudah mulai terbiasa melakukan pekerjaan di rumah aja. Hingga akhirnya di bulan Agustus, aku mendapatkan informasi acara Milad ke-6 Tapis Blogger dari WA Story Mbak Naqiyyah Syam.


Kebetulan di bulan Agustus ini aku sibuk mengantar dan menemani adikku yang menjadi mahasiswa baru di Unila. Momen yang sangat pas, jadi tidak ada alasan untuk tidak ikutan acara Tapis Blogger ini.


Acara Milad ke-6 Tapis Blogger: Kesempatan Mengenal Dunia Blogger Lebih Luas


Apa yang ada di bayanganmu ketika mendengar acara Milad ke-6 Tapis Blogger? Sebagai orang yang pernah mengikuti acara Tapis Blogger sebelumnya, aku tahu acara ini pasti akan berjalan dengan meriah. Meski harus menempuh jarak lebih dari 50 km (rumahku ke Bandar Lampung) demi ikutan acara ini, tapi aku pasti tidak akan rugi.


Hal ini juga diungkapkan Mbak Ririn dan Mbak Luckty yang jauh-jauh datang dari Metro. Selain bisa mendapatkan ilmu yang dipaparkan oleh para narasumber, dari acara Milad ke-6 Tapis Blogger ini juga bisa bertemu dan berkenalan dengan blogger dan content creator keren. Aku bahkan bisa ketemu teman kuliah yang kebetulan menjadi narasumber di acara ini.


Ada 3 (tiga) sesi acara talkshow dalam Milad ke-6 Tapis Blogger ini, yakni:


1. Talkshow Cara Jitu Menulis Artikel SEO dan Viral bersama Ririn Handayani (Editor Media Seputar Lampung) dan Naqiyyah Syam (Founder Tapis Blogger).

milad ke-6 Tapis Blogger
Credit by Tapis Blogger


2. Talkshow Menjadi Content Creator Produktif berssama Admin IG Selampung dan Jarwo Sonha (YouTube Creator).

milad ke-6 Tapis Blogger
Credit by Tapis Blogger


3. Tips Produktif dan Menghasilkan Uang dari Media Sosial bersama SmartFren.

milad ke-6 Tapis Blogger
Credit by Tapis Blogger


Selain sesi talkshow tersebut, ada juga perlombaan yang diadakan saat acara Milad ke-6 Tapis Blogger ini. Apa saja perlombaan tersebut?


1. Lomba foto dengan hadiah berupa voucher dan bingkisan hadiah (diumumkan saat acara);


2. Lomba video dengan hadiah berupa uang tunai dan bingkisan hadiah (deadline 11 September 2022);


3. Lomba blog dengan hadiah berupa uang tunai dan bingkisan hadiah (deadline 12 September 2022).


Kapan lagi coba bisa ikutan acara super keren dengan pemateri yang ahli di bidangnya dan juga bisa mengikuti lomba-lomba dengan hadiah yang menarik? Buat aku yang berstatus sebagai peserta lomba blog, sometimes, ada lomba blog ini adalah tantangan tersendiri. Kapan lagi kan bisa mengasah kemampuan menulis setelah ikut acara keren Milad ke-6 Tapis Blogger?


Di acara Milad ke-6 Tapis Blogger ini juga hadir sponsor-sponsor yang turut mendukung kesuksesan acara ini. Sponsor-sponsor tersebut antara lain Dinas Pariwisata Lampung, Dompet Dhuafa Lampung, SmartFren Bandar Lampung, Klik Kopi, Lazdai Lampung, Niagahoster, Dapoer Sulis, Meccadina Aeesha, Thasya Etnic, Dunkin Donuts Lampung, Hoka-Hoka Bento, Darmajaya Bandar Lampung, Apik Mandiri, EmakSR12, Cube Raksi, Nibrashouse Bandar Lampung, Izzahannissa, Fitri Restiana, Ojesa Indonesia, dan Rumah Madu.


Beberapa sponsor acara ini yakni dari SmartFren dan Dinas Pariwisata Lampung turut mengisi acara talkshow. Aku bahkan mendapatkan kartu SmartFren dan pulpen SmartFren dari M. Agung Sujadi yang menjadi pembicara di acara ini (dan kebetulan teman kuliahku).


Saat pulang aku berhasil membawa beberapa hadiah, yakni kartu SmartFren, pulpen SmartFren, buku hadiah lomba foto, hingga bon nori pemberian Latifah ;-). Dengan semua kemeriahan ini, nggak heran jika aku menantikan acara Tapis Blogger sejak dua tahun yang lalu.


Blogger dan Content Creator: Dua Bidang yang Tidak Bisa Dipisahkan


Pada sesi pertama acara Milad ke-6 Tapis Blogger, aku mendapatkan ilmu dari narasumber yakni Mbak Ririn Handayani terkait SEO. Sebagai content writer dan blogger, SEO ini jadi bagian penting. Sedangkan di sesi kedua, aku mendapatkan ilmu terkait menjadi YouTube creator dari narasumber Kak Jarwo Sonha. Kebetulan aku saat ini sedang punya rencana membuat konten YouTube, jadi materi dari Kak Jarwo ini sangat penting.


Blogger adalah content creator. Jika dulu menjadi blogger hanya fokus kepada tulisan, sekarang menjadi blogger itu harus bisa menulis, desain grafis, desain website, hingga menjadi influencer di media sosial. Pengalamanku mengikuti beberapa lomba blog, desain grafis sangat dinilai dan semakin besar kesempatan menang jika ada videonya.


Bahkan beberapa blogger menyarankan untuk menghubungkan blog dengan channel YouTube yang dimiliki. Lebih baik jika bisa membuat konten yang serupa di blog dan YouTube ini. Jadi, setiap sesi acara di Milad ke-6 Tapis Blogger ini sangat mendukung menjadi blogger dan content creator sukses.


Jika ada acara Tapis Blogger selanjutnya, aku pasti akan ikutan. Jadi, aku sangat menunggu acara-acara keren Tapis Blogger selanjutnya.


milad ke-6 Tapis Blogger
Credit by Desi Murniati


Get notifications from this blog