√ Daftar OST Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa, Ada Favoritmu? - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Thursday, October 8, 2020

Daftar OST Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa, Ada Favoritmu?

 

ost drama korea

 

Original Soundtrack atau yang biasa disingkat OST merupakan sesuatu yang tidak bisa terlepas dari sebuah drama Korea. Lagu-lagu yang terangkum salam OST ini akan membuat drama Korea lebih menarik untuk ditonton. Misalnya saja ketika ada adegan perpisahan sepasang kekasih dan saat itu juga disenandungkan OST yang sesuai dengan suasana tersebut, “This is love story…” Pasti akan membuat penonton langsung berteriak, “Aku bapeeerrr!!!” Kamu pasti inget banget gimana melekatnya lagu-lagu OST Descendant of The Sun bahkan sampai sekarang masih sering muncul di drama Korea terbaru. Nah, berikut daftar OST drama Korea terbaik sepanjang masa yang wajib banget kamu dengerin dan buat yang pecinta drama Korea kawakan siap-siap bernostalgia dengan mendengarkan beberapa OST berikut ini.

That Woman – Baek Ji Young, Secret Garden
OST drama Korea terbaik

Lagu That Woman atau That Man yang menjadi original soundtrack Secret Garden merupakan lagu yang sampai saat ini masih sering aku dengerin meski sudah bertahun-tahun drama Secret Garden tamat. Buat kamu yang menonton Secret Garden pasti masih ingat gimana lagu ini menemani adegan-adegan sedih antara Gil Ra-im dengan Kim Joo-won. Buat yang kangen lagu ini bisa nih dengerin lagunya di sini.

Perhaps Love – HoWl, J, Princess Hour

Drama Korea Princess Hour menceritakan tentang gadis biasa bernama Shin Chae-kyung yang menikah dengan pangeran Kerajaan Korea bernama Lee Shin. Lagu Perhaps Love ini akan menjadi lagu yang memperindah setiap adegan antara Shin Chae-kyung dengan Lee Shin. Selain lagu ini, ada lagu ost drama ini yang tidak kalah menarik yaitu I’m Fool yang dinyanyikan oleh Stay.

Stand By Me – SHINee, BBF

Stand by me nal barabwajwo, siapa yang masih ingat dengan penggalan lirik pembuka lagu ini? Ketika mendengar lagu ini rasanya di kepala melihat adegan Gu Jung-pyo bersama Geum Jan-di saking melekatnya lagu ini dengan drama BBF.

Still – Lee Hong Ki, You are Beautiful

Kamu salah satu orang yang mengikuti drama You Are Beautifull? Buat yang mengikuti drama ini pasti tidak asing dengan lagu Still yang dibawakan oleh Lee Hong Ki, vokalis FT Island yang juga membintangi drama tersebut. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu A.N.Jell band yang ada di cerita drama You Are Beautiful.

Fate – Full House

Saat pertama mendengar nada lagu ini pasti semua penonton Full House langsung bisa menebak OST apa lagu tersebut. Lagu Fate atau dalam bahasa Korea ‘Unmyeong’ menjadi lagu yang sangat melekat dengan drama Full House. Bahkan setiap lagu ini didengarkan aku, sebagai penonton Full House bisa melihat kehidupan Han Ji-eun dan Lee Yong-jae di Full House yang sering diisi pertengkaran.

Because I Miss You – Jung Yong Hwa, Heartstring

Drama Korea Heartstring merupakan drama yang mengusung tema musical. Di drama ini menampilkan pemain utama Jung Yong-hwa dan Park Shin-hye yang juga mengisi OST drama ini.

Dream High – Dream High

OST drama korea terbaik

 

Aku adalah salah satu pecinta drama Dream High dan menyukai semua OST yang ada di drama ini. Namun tentu OST yang selalu mengingatkanku dengan drama ini adalah lagu tema yang judulnya sama seperti judul dramanya yaitu Dream High.

Back in Time – Lyn, The Moon That Embraced The Sun

Berlatar cerita kolosal atau saeguk, lagu Back In Time juga berhasil menghadirkan kesan kolosal di alunan musik dan liriknya. Lagu ini benar-benar bisa mewakili cerita drama yang dibintangi Kim Soo-hyun dan Han Ga-in di tahun 2012 ini.

My Destiny – Lyn, Man from The Star

Masih dibintangi oleh Kim Soo-hyun, drama Korea Man From The Star menghadirkan OST yang sampai sekarang masih dering aku dengerin. You are my destiny yang dinyanyikan oleh Lyn benar-benar memoriable diantara OST lainnya seperti Hello Goodbye yang dinyanyikan oleh Hyolyn.

Hyehwadong – Park Bo Ram, Reply 1988

OST drama korea terbaik

 

Hyehwadong merupakan lagu tema dari drama 1988 yang sepertinya asli lagu pada tahun tersebut. Meskipun terdengar kuno namun lagu ini sangat enak untuk didengerin.

If It Is You – Jung Seung Hwan, Another Miss Oh

Lagu If It Is You yang menjadi OST Another Miss Oh menjadi terkenal lagi setelah dinyanyikan oleh Rose Blackpink di acara Mask of Singer. Buat kamu yang galau bisa banget dengerin lagu ini agar galaumu lebih afdhol, wkwk.

Always – Yoon Mirae, Descendant of The Sun

Lagu Always sangat memorable bagi penonton Descendant of The Sun. Bahkan saking memorable, lagu ini sering banget muncul di drama-drama yang memparodikan adegan bertemunya Song Joong-ki dan Song Hye-kyo di drama DOTS ini.

You are My Everything – Gummy, Descendant of The Sun

Sama seperti lagu Always, lagu You are My Everything yang dinyanyikan oleh Gummy juga sangat melewat di drama DOTS. Bahkan aku sering menghubungkan lagu ini dengan lagu My Destiny karena liriknya yang memiliki kemiripan.

Can You Hear My Heart – Epik High, LEE HI, Moon Lover

Drama Moon Lover merupakan salah satu drama yang menyajikan OST yang sangat aku sukai, salah satu yang sangat aku sukai adalah Can Youe Hear My Heart yang di drama tersebut selalu menemani adegan sedih antara Lee Joon-ki dengan IU.

Stay With Me – Chanyeol, Punch, Goblin

OST drama korea terbaik

 

Harus diakui OST Goblin memang enak banget didengerin, termasuk lagu tema drama ini berjudul Stay With Me yang dinyanyikan oleh Chanyeol dan Punch. Saking melekatnya di ingatan, setiap mendengarkan lagu ini selalu terngiang adegan papasan Goblin Ahjussi dengan Ji Eun-tak.

I Will Go to You Like The First Snow – Ailee, Goblin

Lagu OST selanjutnya yang masih sering aku dengerin sampai sekarang adalah I Will Go to You Like The First Snow yang dinyanyikan oleh Ailee dan menjadi OST Drama Korea Goblin. Buat kamu yang menonton drama Korea Goblin ini pasti ingat banget lagu ini yang menemani scene menghilangnya Goblin di depan Ji Eun-tak.

I Miss You – SOYOU, Goblin

Masih menjadi OST drama Korea Goblin, lagu I Miss You adalah lagu latar untuk pasangan joseongsaja dan Sunny. Lagu ini juga selalu menemani setiap adegan mereka berdua layaknya adegan Lee Shin dengan Ji Eun-tak.

Love Story – Lyn, The Legend of The Blue Sea

This is love story… Bagiku lirik lagu satu ini masih sangat memorable bahkan sampai saat ini. Meskipun tidak menonton drama The Legend of The Blue Sea hingga selesai namun lagu ini tetap mengingatkan kepada drama tersebut.

Flower – Yoon Mirae, Crash Landing on You

OST drama korea terbaik

 

Menjadi lagu yang sering didengarkan di drama ini, lagu Flower sangat memorable buat aku. Terlebih lagu ini sering menjadi backsound adegan Yoon Se-ri dengan Ri Jeong-hyuk.

Start – Gaho, Itaewon Class

Drama yang tayang tahun 2020 ini juga menghadirkan OST yang sangat khas, salah satunya adalah lagu Start yang dinyanyikan oleh Gaho.

Hope Is A Dream That Doesn’t Sleep – Kyuhyun, Baker King, Kim Tak Gu

Lagu Hope Is A Dream That Doesn’t Sleep sudah aku sukai sejak menonton drama Baker King Kim Tak Gu yang tayang bertahun-tahun yang lalu di Indosiar.

Crazy of You – Hyolyn, Master Sun

Menonton drama Master Sun pasti nggak asing dengan OST satu ini. Terlebih OST ini sering menemani adegan-adegan sedih tokoh-tokoh di drama ini.

It Has To Be You – Yesung, Cinderella Sister

Lagu It Has To Be You sangat terkenal dari dulu hingga sekarang, bahkan bagi yang tidak menonton drama ini. Buat kamu yang ingin mendengarkan lagu ini bisa mendengarkan disini.

All For You – Jung Eun Ji, Seo In Guk, Reply 1997

Lagu All For You pernah mendapatkan penghargaan di tahun drama Reply 1997 tayang di TvN. Tidak hanya lagunya, Reply 1997 juga menjadi drama Korea pertama yang mendapatkan rating tinggi yang tayang di TV kabel.

Done For Me – Punch, Hotel Del Luna

hotel del luna

 

Drama Korea Hotel del Luna menyajikan OST yang semuanya enak didengar dan sangat memorable, salah satunya adalah lagu Done for Me yang menemani adegan sedih antara Jang Man-weol dan Gu Chan-seong.

Missing You – Kim Bum Soo, Stairway to Heaven

Meski sudah bertahun-tahun berlalu, lagu Missing You masih sering aku dengerin. Buat kamu yang ingin mendengarkan lagu ini bisa mendengarkan di sini.

Is You – Ailee, Memories of Alhambra

Ailee merupakan penyanyi wanita Korea yang sering menyanyikan lagu OST drama, salah satunya adalah Is You yang menjadi OST Memories of Alhambra.

Will You Kiss Me – G.NA, Playfull Kiss

Drama Korea Playfull Kiss merupakan salah satu drama yang penuh keceriaan. Salah satu OST drama ini yang sangat ceria adalah Will You Kiss Me yang dinyanyikan oleh G.NA.

Fox Rain – Lee Sun Hee, My Girl Friend is Gumiho

Dubirubirurafa… Aku nonton drama My Girl Friend is Gumiho di awal-awal berkecimbung di drama Korea dan lagu ini menjadi lagu yang aku hapal hingga sekarang saking sukanya.

Tears Are Falling – Shin Jae, 49 Days

Drama 49 Days juga menghadirkan lagu-lagu yang sangat enak didenger, termasuk lagu Tears Are Falling. Lagu ini merupakan lagu latar untuk tokoh scheduler. 

 

Bagaimana? Sudahkah siap mendengarkan lagu OST drama Korea yang sudah aku sebutkan di atas? Selain OST drama Korea, pastikan kamu juga membaca rekomendasi drama Korea terbaik dan juga rekomendasi drama Korea 2020. Jangan lupa juga untuk membaca semua artikel yang ada di blog ini ya!

Get notifications from this blog

25 comments

  1. Uwoo...listnya komplit bangets, Kak
    Beneran memang dari dengerin OST aja langsung terbang kita inget ceritanya. Apalagi kalau itu dah lawas alias kapan gitu kita nontonnya ya. Bahakan saking dari denger OST bisa nonton ulang hahaha

    ReplyDelete
  2. Aku ga ngikutin drakor sih heheh jadi ga tau deh. Doeloe aku suka banget Endless Love, tapi balakangan ini aku jadi tertarik nonton Penthouse sama anak sulungku wkwkwkwk seru banget ternyata.

    ReplyDelete
  3. That woman, saya sukaaaa..... nancep banget

    yang lainnya cuma suka denger tapi nggak tau judulnya apa

    hehehe payah ya saya?

    ReplyDelete
  4. Kayaknya nih bagus-bagus, Tapi saya familiernya cuman ostnya full house 😅

    Itupun ga tau judulnya apa.
    Kalau lainnya, mungkin sering dengar tapi nggak tahu judulnya apa atau ost drama apa.

    Memang drakor itu luar biasa deh, semua hal dipikirkan dengan baik, termasuk soundtracknya.

    ReplyDelete
  5. Suka banget sama drakor yang secret garden, yuhu...

    Aku suka nonton drakor, yang paling kucari itu adalah pesan moral yang disajikan di dalam alur ceritanya (plot).

    ReplyDelete
  6. Hampiri semua tahu kakak. Cuma ada beberapa yang saya lebih memilih part ost yang lain kayak you're beautiful, saya suka pas nyanyi bareng band-nya itu pas konser. Terus untuk BFF suka sama lagunya yang ada liriknya almost paradise, hehehe. Namun so far, saya hampir suka dengan semua ost dari drakor-drakor di atas. Gaho-nya Itaewon masih jadi wajib playlist saya di kala mood jelek biar kembali semangat.

    ReplyDelete
  7. Bagus2 semuaaaaa
    aku paling suka GAHO, Itaewon Class
    kayak energik bgt

    ReplyDelete
  8. Yeees.. Aku suka juga semua yang di list. Tapi penyanyi favoritku itu Gummy. Selalu mellow kalau bawain soundtrack.

    ReplyDelete
  9. Komplit banget OST dramanya, saya ada satu yang sempat dijadikan teman pengantar tidur, tapi lupa judulnya, wkwk. Agak payah memang saya mengingat judulnya, tapi suka mendengarkannya, apalagi seperti menyatu dengan adegan dramanya. Sst, saya mengenal Gong Yoo dr drama Goblin pada tahun 2020 lalu *orang2 udah dari kapan tahun, haha*

    ReplyDelete
  10. Wahini kayaknya anakku yang lebih paham sama OST nya drakor. Drakornya aja aku kudet apalagi OST nya wkwkwk.. Ntar aku coba tanya2 anakku dr daftar ini mana yang enak2 hehe

    ReplyDelete
  11. Lengkap dan jadi menambah literasi film kelihatannya, bagus menjadi tisak ketinggalan k drama

    ReplyDelete
  12. Mantep ya dirangkum semua hehe
    Jadi ingat suami langsung unduh OST Reply 1988 saking sukanya
    Memang enak didengar sih lagunya

    ReplyDelete
  13. komplit banget OST Drakor-nya menambah literasi film nih .... terima kasih rangkuman-nya kereeenn ....

    ReplyDelete
  14. Kalau OST favorit saya tuh ALL WITH YOU yang dinyanyikan oleh TAEYEON SNSD. Salah satu lagu populer untuk KDrama MOON LOVERS. Gegara ini saya jadi belajar bahasa Korea dan tulisan Hangeul nya.

    ReplyDelete
  15. Fox Rain – Lee Sun Hee, My Girl Friend is Gumiho ini aku sukaaaaaa banget. Semua daftar di atas itu masuk playlist aku dulu mba. Wkwkwk.

    ReplyDelete
  16. Waaoow.. lengkap dan detail banget play list nya..

    Meski aku bukan Drakor mania.. tapi boleh juga lah sesekali memanjakan telinga dengan soundtrack-soundtrack kece ini..

    ReplyDelete
  17. Mbak desi mengingatkanku pada drakor Boys over flowernya lee min ho. Duuh baper banget di zamannya.

    ReplyDelete
  18. Wow panjang sekali daftar OST nya mbak haha Sebagian ada yang kukenal dan kusukai juga. Kalau aku banyak lagu di drama It's Okay not to be Okay yang aku suka, hampir semuanya. Ada juga di drama Chocolate, 18 Again, The Myth, Uncontrollably Fond dll. Biasanya kalau ada yang kusuka, aku simpan di playlist youtube :D Sering kudengar ulang soalnya.

    ReplyDelete
  19. wowww banyak banget listnya
    aku nggak seberapa paham ost drakor
    fokus ke dramanya, terutama klo yg main bias ku, heehe

    ReplyDelete
  20. Ada yang enak di OST BBF cuma daku nggak hapal judulnya, begitupun juga Master Sun, taunya sih yang venting enak didengar walau gak tahu judulnya haha

    ReplyDelete
  21. Mbaakkk, aku suka banget OST nya secret garden, sampai kebawa ke hati mendengarkannya. dan film secret garden itu film drakor yang pertama aku lihat hingga tamat, dan sampai sekarang aku masih nyimpan OST-nya

    ReplyDelete
  22. Wuah komplit banget yaa. Genre romance. Aduhaai...

    ReplyDelete
  23. Kakak hapal2 banget sama semua judul lagunya. Aku ada beberapa yang juga ada di list ini yang aku suka. Tapi klo di suruh nyanyiin ga bisa. Hehehe
    Oh,iya aku juga lagi suka banget tuh sama if It Is You yg dinyanyikan rose . Sama semua ost moon lovers favorite semua

    ReplyDelete
  24. OSt favoritku:
    - Haengbokhagil barae - ost sassy girl chun hyang
    - Stand by me/ BFF/ shinee
    - Kill Me, Heal Me OST: Jang Jae In - Auditory Hallucination (feat. NaShow)

    Sebenarnya banyak lagi.. tapi lupaa dan nggak hafal

    ReplyDelete
  25. Bingung kudu bilang yang paling baik dan aku suka yang mana wkwkkw
    semuanya apik kabeh Des, kan jadi bingung milih.

    ReplyDelete