√ Membuat Konten Drama Korea Lebih Mudah dan Lancar Bersama IndiHome - It's Me Desi Murniati
Copyright © oleh Desi Murniati - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Thursday, May 11, 2023

Membuat Konten Drama Korea Lebih Mudah dan Lancar Bersama IndiHome

konten drama korea



Menonton drama Korea tidak hanya sebuah hiburan. Setidaknya itu yang aku pikirkan setelah berhasil menjadi juara pertama lomba review drama Korea dua tahun yang lalu. Saat itu adalah momen pertama kalinya aku mendapatkan juara pertama lomba blog.

Aku sudah menonton drama Korea sejak tahun 2011 dan sejak punya laptop di tahun 2012, aku selalu mengikuti drama Korea hingga saat ini. Ya, bisa dibilang aku adalah salah satu penonton drama Korea veteran yang rasanya hampir hafal seluruh drama yang pernah aku tonton.

Banyak orang yang menganggap nonton drama Korea adalah sesuatu yang tidak ada manfaatnya. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan menonton drama Korea hanya membuat penontonnya semakin halu. Mereka menganggap penonton drama Korea pasti mengidamkan cowok layaknya di drama Korea. Something yang menurutku sangat judgemental, padahal nggak ada bukti valid atas opini mereka ini.

Meski banyak yang menganggap menonton drama Korea unfaedah, buatku menonton drama Korea memberikan banyak keuntungan, di antaranya:

  1. Mendapatkan inspirasi untuk menulis novel. Buatku yang suka menulis novel (meski nggak ada yang terbit), menonton drama Korea bisa jadi salah satu inspirasi.
  2. Mendapatkan pengetahuan baru yang tidak didapatkan di kehidupan sehari-hari, misalnya tentang hukum, kedokteran, dan lainnya.
  3. Bisa mendapatkan teman baru karena sama-sama suka drama Korea.
  4. Bisa belajar tentang relationship tanpa harus pacaran (ini beneran, wkwk).
  5. Memiliki semangat hidup karena termotivasi menunggu episode selanjutnya.

11 Tahun 200 Judul Lebih


Drama Korea yang kutonton pertama kali berjudul Autumn in My Heart. Jika kamu pernah nontonin drama Korea di tahun 2000-an di Indosiar pasti juga nonton Autumn in My Heart yang dibintangi oleh Song Hye-kyo.

Setelah lama tidak nonton drama Korea, aku kembali nonton drama Korea saat He is Beautiful tayang di Indosiar. Sebelumnya sudah heboh drama BBF di sekolah tapi aku tidak tertarik. Saat teman satu bangkuku di SMA heboh menceritakan The Great of Queen Seon Deok, aku masih belum tertarik.

Aku tertarik menonton drama Korea setelah nonton bareng di rumah tetanggaku dan berlanjut di TV yang ada di rumah. Aku ingat banget ada beberapa drama yang kutonton saat itu, yaitu You are My Destiny yang dibintangi oleh Lim Yoona, 49 Days, Baker King Kim Tak-gu, Princess Prosecutor, City Hunter, hingga My Primcess.

Saat itu aku merasa jatuh cinta dengan drama Korea yang aku tonton. Setelah aku membeli laptop di tahun 2012 hobiku nonton drama Korea berlanjut ke laptop. Aku kemudian bertemu dengan teman SD yang berbeda sekolah denganku dan kami banyak bertukar drama Korea (aku yang seringnya minta sih).

Hingga saat ini ada lebih dari 200 judul drama Korea yang pernah kutonton. Hebatnya adalah aku bisa hafal setiap judul yang pernah aku tonton besarta para pemain. Bahkan, beberapa OST-nya aku juga tahu.

Aku pernah bilang jika ada LCT atau olimpiade aku kemungkinan besar bisa jadi juaranya.

Drama Korea Terbaik Versi Aku


Sebagai pecinta drama Korea pastinya aku memiliki drama-drama Korea yang menjadi favoritku. Jika beberapa pecinta drama Korea mempertimbangkan pemainnya ketika menonton drama Korea, aku lebih melihat drama Korea sebagai sebuah karya.

Aku suka drama Korea yang menampilkan aktor dan aktris favoritku tetapi itu nggak menjadi jaminan drama Korea tersebut aku sukai. Yang terpenting adalah alur dari drama Korea tersebut.

Salah satu drama yang sangat-sangat aku sukai adalah Nice Guy. Nice Guy merupakan drama yang dibintangi oleh Song Joong-ki dan Moon Chae-won. Jika banyak tahu dengan Song Joong-ki di drama Descandant of The Sun, aku justru tahu sebelum itu yakni di drama Nice Guy.

Selain Nice Guy, drama yang sering aku tonton ulang adalah GOBLIN. Sedangkan untuk drama saeguk atau kolosal, aku menyikai drama Mr. Sunshine. Menurutku Mr. Sunshine adalah drama yang wajib banget ditonton, ya meski ending-nya semua tokoh meninggal kecuali Go Ae-shin.


Drama Korea dan Semangat Hidup


Di Tahun 2018 aku pernah sangat-sangat terpuruk dengan hidupku. Saat itu adalah masa-masa berat kuliah. Masa dimana aku sedang mengurus skripsi tetapi dosennya kadang berangkat seringnya enggak, wkwk. Belum lagi menghadapi dosen yang bahkan nggak mau mendengarkan mahasiswanya. Ngomong apa jawabnya apa.

Saat itu rasanya down banget. Aku merasa hidupku sangat membosankan. Aku nggak tahu apakah di masa depan masih ada dunia yang menyenangkan untuk hidupku. Ya, saat itu benar-benar stres. Saat itu yang membantuku untuk terus bersemangat hidup adalah drama Korea.

Saat itu aku sengaja menonton drama Korea on going dengan tujuan agar aku bisa memiliki semangat hidup. Dengan menonton on going aku akan memiliki semangat menunggu episode selanjutnya. Ya, keliatan apasih tapi karena itu aku bisa menghadapi semua kesulitan saat itu dan tahu-tahu satu bulan sudah berlalu dan aku tidak lagi merasakan perasaan down.

Jadi, buatku drama Korea adalah salah satu penyemangat hidup. Drama Korea adalah sesuatu yang pernah membuatku bertahan hingga saat ini.


From Drama Korea to Konten, Kenapa Nggak?


Hingga sekitar beberapa bulan yang lalu saat sedang menonton drama Korea, aku mendadak mendapatkan ide, "Kenapa nggak aku seriusin buat konten drama Korea?" Ini mengingat ada banyak drama Korea yang telah kutonton. Aku review satu-satu aja misalnya, dari situ aku sudah bisa mendapatkan banyak konten.

Apalagi saat itu aku sudah memiliki domain khusus drama Korea. Kenapa nggak sekalian kan berkonten ria drama Korea? Setelah mendapatkan ide tersebut, aku mulai membuat akun TikTok dan Instagram yang akan secara khusus membahas drama Korea.


Buat Konten Drama Korea Lebih Mudah dan Lancar Bersama IndiHome


drama korea


Sebagai pecinta drama Korea, aku mengalami berbagai perubahan cara menonton drama Korea. Di tahun 2011, aku menonton drama Korea di Indosiar. Biasanya drama Korea akan tayang mulai pukul 13.00 hingga pukul 18.00. Setelah punya laptop, aku menonton drama Korea dari copy-an DVD. Biasanya temanku akan membeli DVD dan membagikan copy-annya.

Aku masih menggunakan cara menonton dari DVD ini hingga tahun 2014. Sejak kuliah, aku mengganti cara menonton dengan cara mengunduh video drama Korea saat di kampus dan menontonnya di kosan. Selain mengunduh langsung, biasanya aku juga sharing dengan teman-teman.

Seiring dengan perkembangan internet dan platform streaming, saat ini menonton drama Korea tidak lagi dilakukan melalui DVD atau mengunduhnya, tetapi langsung dari platform yang ada di smartphone atau tablet.

Dukungan menonton drama Korea ini semakin besar dengan adanya internet provider IndiHome. IndiHome merupakan internet provider dari Telkom Indonesia yang dengannya aku bisa bebas menonton drama Korea dan membuat konten drama Korea.

Terlebih saat ini IndiHome telah mendukung akses Netflix, jadi nonton drama Korea menjadi sesuatu yang sangat mudah bersama IndiHome.

Apa Saja Layanan yang Dimiliki IndiHome?


Sebagai provider internet terbaik di Indonesia, Telkom Indonesia dan IndiHome menyediakan berbagai layanan yang akan membuat kegiatan hiburan dan pekerjaan di rumah menjadi lebih mudah dan cepat. Ya, semua itu bisa terjadi karena IndiHome bisa memberikan akses internet yang lancar dan cepat.

Lalu, apa saja layanan yang dimiliki oleh IndiHome ini? Layanan yang dimiliki ini antara lain:

  1. Internet, dimana memberikan akses internet broadband cepat hingga 300 Mbps.
  2. TV, dimana kamu bisa menikmati fitur menarik seperti Pause & Rewind, VoD, dan lainnya.
  3. Telepon, kamu bisa menikmati bebas nelpon hingga 1000 menit sesuai paket yang dipilih.

Dari Netflix Hingga Disney+ Hotstar


Dengan paket internet dari IndiHome, kamu juga bisa menikmati layanan Netflix dan Disney+ Hotstar. Dengan dua playform streaming ini, kamu bisa menonton drama Korea favorit kamu. Dengan layanan Netflix dari IndiHome, kamu bisa mendapatkan akses Netflix tanpa harus berlangganan dengan kartu kredit. Mudah, bukan?

Harga Terjangkau Hingga Pelosok Negeri


Membuat konten kini bisa dilakukan dimana saja, termasuk dari pelosok negeri dengan adanya dukungan dari IndiHome. Aku sendiri bisa membuat konten-konten bertema drama Korea dengan adanya kemudahan internet ini.

IndiHome memberikan paket-paket internet dengan harga terjangkau. Dengan harga mulai dari Rp280 ribu/bulan. Untuk selengkapnya mengenai paket ini, kamu bisa membacanya di sini.




Get notifications from this blog